Jarak Ideal Membuat Gulutan CABAI

Membudidaya cabe memang bagus dilakukan pada jenis tanah liat berlempung atau liat berpasir, yang banyak terdapat di lahan-lahan persawahan. Dalam budidayanya, umumnya diawali dengan kegiatan pembuatan gulutan (bedengan). Pembuatan lahan gulutan untuk tujuan budidaya cabe sebenarnya sangat mudah, dan pastinya dapat langsung dipraktekan di kebun/lahan persawahan milik anda.

Jarak ideal untuk membuat gulutan/bedengan cabai yang umumnya dilakukan oleh para petani cabe profesional adalah: Lebar = 60 hingga70 cm. Panjang gulutan yaitu disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. Lahan gulutan atau bedengan dibuat memanjang dan membentang dari arah uatara ke selatan agar proses fotosintesis tanaman berjalan efektif dan tentunya akan membantu tanaman agar cepat melakukan pertumbuhan dan perkembangan. Sementara itu, jarak tanam cabai yaitu 35 - 40 cm.

Pohon Cabai Lado F1 Berbuah Lebat
Pohon Cabai Lado F1 Berbuah Lebat. Photo Ori by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Dengan mengikuti beberapa jenjang dalam penentuan jarak ideal pembuatan lahan gulutan, maka akan diperoleh beberapa keuntungan, diantaranya yaitu supaya tidak terjadi perebutan nutrisi (unsur hara), antara tanaman cabai yang satu dengan tanaman cabe yang lainnya. Selain itu, agar lahan tanam tidak mudah mengalami erosi, dan juga mencegah kemungkinan adanya epidemi (penyebaran) hama dan penyakit dalam jumlah pesat/banyak.

Itulah tadi informasi sederhana tentang: Jarak Ideal Membuat Gulutan Cabai. Semoga bermanfaat. Baca juga: Panduan Lengkap Budidaya Cabai Merah Agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Jarak Ideal Membuat Gulutan CABAI
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar