Cara Pemasangan Tiang Ajir Sistem TUGAL Pada Tanaman Tomat

Dalam perawatan tanaman tomat, banyak meliputi berbagai proses/aktivitas seperti penyiraman, pemupukan P dan K maupun dengan pupuk berasal dari asam humat, dan lain sebagainya. Selain itu, kegiatan pemberian tiang ajir sangat penting bagi tanaman tomat, sehingga tanaman tomat tidak mudah rebah/roboh saat diserang angin kencang, hujan dengan intensitas tinggi, atau karena serangan hewan-hewan tertentu, seperti tikus dan hewan insekta lainnya.

Sistem pemberian ajir pada tanaman tomat kebanyakan dilakukan bagi mereka petani tomat yang membudidayanya baik di lahan bedengan bermulsa, atau yang ditanam di wadah pot polybag. Sistem yang diterapkan yaitu sistem pemasangan tiang ajir yakni sistem tugal, dimana satu tiang ajir khusus diberikan pada satu tanaman saja.

Tanaman Tomat Berbuah Lebat
Tanaman Tomat Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono, S.Pd. (Guruilmuan).

Cara pemasangan tiang ajir sistem tugal pada tanaman tomat cukup mudah, namun pertama kali yang harus ditempuh yakni membuat tiang ajir dari bahan baku batang bambu yang dipotong-potong kemudian dibentuk seperti tiang ajir dengan panjang kira-kira 60 cm, atau bisa lebih disesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah tiang ajir dari bambu disiapkan, langkah selanjutnya adalah menancapkan tiang ajir ke dalam tanah yang berdekatan dengan pusat dimana tanaman tumbuh. Sebisa mungkin jangan sampai penancapan tiang ajir merusak pada bagian akar tanaman tomat, beri jarak tiang ajir - tomat yakni 8 - 12 cm. Jarak seperti itu sudah sangat ideal untuk mencegah supaya akar pohon tomatnya tidak rusak/luka karena gesekan mekanis dari tiang ajir. Ingat bahwa karena menggunakan tiang ajir sistem tugal maka 1 tiang ajir hanya untuk 1 tanaman tomat. Silakan dipraktekan, semoga berhasil. Baca juga: 5 Cara Memelihara Benih Tomat Rampai Agar Sehat dan Kuat.

Artikel Terpopuler

Cara Pemasangan Tiang Ajir Sistem TUGAL Pada Tanaman Tomat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar