Cara Bercocok Tanam CABE MERAH Secara Lengkap dan Gamblang.

Bercocok tanam cabe merah merupakan suatu hal menantang yang perlu dikerjakan oleh seseorang yang memang memiliki hobi berkebun. Tanaman cabe merah memang sangat baik dibudidaya di lahan khusus hortikultura, namun di lahan persawahanlah pertumbuhan cabe merah akan jauh lebih bagus, serta kualitas buahnya tak diragukan lagi.

Di lahan persawahan, kualitas dan tekstur tanahnya sangat bagus, yakni ada komponen lempung, liat, pasir, dan debu yang merupakan kriteria sangat baik dalam budidaya tanaman perkebunan. Di tanah lempung berpasir biasanya pertumbuhan cabe rawit sangat subur, bahkan jika perawatan dilakukan secara benar maka akan dihasilkan tanaman yang bagus.

Pembudidayaan cabe merah bisa saja anda lakukan di lahan di sekitaran rumah, di lingkungan sekolah, di lingkungan kantor, serta di lahan perkebunan maupun area-area pertanian strategis yang mendukung dalam kegiatan pertanian maupun perkebunan.

Cabe Merah Berbuah
Cabe Merah Berbuah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Untuk hasil pertanian cabe yang lebih optimal, maka sebaiknya gunakan perangkat mulsa plastik sebagai media untuk pelengkapnya. Karena telah terbukti keunggulan dari mulsa plastik dalam menjaga tekstur tanah agar tetap baik, serta aerasi dan juga pertukaran unsur hara di dalam tanah dapat dimaksimalkan. Baca juga: Manfaat Memberi Tiang Ajir dan Mulsa Pada Tanaman Cabe.

Dalam budidaya cabe merah faktor penyinaran cahaya matahari juga harus cukup sepanjang hari, perlu juga memperhatikan faktor jenis tanah yakni tanah lempung berpasir, tanah aerosol, padsolik, maupun tanah liat berpasir. Kandung unsur hara pada tanah lempung berpasir jauh lebih tinggi dan sangat berguna dalam meningkatkan laju pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

Melihat begitu penting pertanian cabe karena setiap kali waktu bisa jadi harganya cukup tinggi dan menguntungkan, maka sebaiknya budidaya cabe dapat diterapkan. Selanjutnya anda klik artikel berikut ini untuk memulai dalam budidaya cabe merah, baca: Panduan Lengkap Budidaya Cabe Merah.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terpopuler

Cara Bercocok Tanam CABE MERAH Secara Lengkap dan Gamblang.
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar