Cara Pemupukan dan Perawatan Tanaman Cabe Yang Baik Sesuai Prosedur

Pemupukan dan perawatan tanaman cabe yang baik merupakan salah satu tugas penting seorang petani untuk mendapatkan hasil panen cabe yang memuaskan serta menguntungkan secara finansial.
Bagaimanapun juga setahap demi setahap pembelajaran bagi para petani/pekebun cabe sangat berharga, dimana pembelajaran adalah guru terbaik untuk mendapatkan pengalaman di bidang pertanian, khususnya dalam pembudidayaan cabe di berbagai jenis lahan pertanian tertentu.

Kedua teknik baik itu pemupukan dan perawatan tanaman cabe sangat penting dilakukan sebagai sarana untuk mengasuh tanaman cabe untuk tumbuh secara baik karena telah diurus/dirawat oleh manusia sebagai makhluk pencinta lingkungan sekitarnya.

1. Pemupukan Tanaman Cabe Sesuai Prosedur

Pemupuk pada tanaman cabe sangat penting dilakukan, dimana pemupukan ini sangat menentukan seberapa jauh tanaman diukur dari tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, pemupukan pada tanaman cabe biasanya digunakan sebagai indikator dalam mengetahui seberapa banyak tanaman yang produktif mampu menghasilkan bunga serta buah yang memadai. Namun, tidak semua jenis pupuk dapat memberikan hasil terbaik, sehingga dibutuhkan penelitian (research) bagi kalangan petani tentang kefektifan dari tiap-tiap jenis pupuk yang diberikan pada tanaman cabe di perkebunan mereka.

Namun, berdasarkan pengalaman, ada salah satu jenis pupuk yang sangat bagus diberikan untuk tanaman cabe di masa semai bibit di awal, yaitu pupuk kandang dari kotoran ayam yang telah dikeringkan. Pemberian pupuk kandang ini dilakukan pada saat tanaman baru saja selesai disemai (baru saja dipindahkan ke wadah pot polybag kecil putih transparan selama 20 hari). Selanjutnya adalah pemberian larutan pupuk phonska cair bagi tanaman cabe di atas umur 1 bulan sejak tanam awal. Pemberian larutan pupuk phonska cair telah diyakini banyak petani profesional ternyata dapat meningkatkan produktivitas hasil panen lebih menggunung, sehingga sebagai panduan untuk membuat larutan phonska tersebut, anda dapat membacanya pada ulasan artikel berikut ini, klik: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe.

Tanaman Cabe Merah Keriting Sudah Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Merah Keriting Sudah Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Saya (guruilmuan) sendiri meyakini bahwa pemberian larutan pupuk phonska cair dapat mendongkrak hasil pertanian cabe untuk lebih maju dan berkembang. Silakan giliran anda yang mencobanya, semoga siapa tahu berhasil.

2. Perawatan Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar Sesuai Prosedur

Berbicara tentang perawatan tanaman cabe, merupakan salah satu itikad dari para petani/pekebun cabe untuk berupaya memperoleh hasil panen lebih optimal.

Perawatan cabai meliputi beberapa komponen kegiatan, diantaranya yaitu:

  • Melakukan pemupukan pada tanaman cabe, tujuannya supaya nutrisi (makanan) yang didapatkan tanaman cabe dapat diemulsi menjadi beberapa senyawa kimia penting sebagai penunjang kelangsung hidup tanaman tersebut. Sudah dijelaskan beberapa jenis pupuk yang rekomended seperi dijelaskan pada bagian point "1" di atas atau bisa baca juga: Jadwal Pemupukan Pada Budidaya Tanaman Cabe.
  • Melakukan penyiraman pada tanaman cabe, ini merupakan hal/langkah paling bagus. Penyiraman tanaman cabe sebaiknya menggunakan air bersih yang tidak terlalu tercemar oleh limbah/zat polutan yang terakumulasi di air sungai/waduk. Penyiraman dengan air yang tidak tercemar (misalnya saja air sumur di sekitar lahan perkebunan cabe) justru sangatlah efektif untuk mencegah tanaman cabe dari kerentanan terserang berbagai jenis penyakit, hama dan juga kerusakan tanah pertanian akibat bahan pencemar, biasanya muncul pencemaran tanah oleh limbah merugikan lingkungan sekitar (lahan tanam cabe). Beberapa petani/pekebun hortikultura cabe telah membuat jadwal penyiraman cabe, baca: Cara Penyiraman Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar.
  • Melakukan Pendangiran dan Penyiangan Pada Lahan Tanam Cabe, sehingga lahan tanam cabe akan menjadi lebih bersih, dan juga terurus. Pendangiran dilakukan dengan cara melakukan penggemburan lahan tanam, sementara itu penyiangan bertujuan supaya lahan tanaman cabe tidak ada gulma/rumput liar yang tumbuh pesat di sekitar pusat tanaman tumbuh. Selengkapnya dapat anda pelajari pada link berikut, klik: Cara Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Cabe Sesuai Prosedur yang Benar.
  • Pengendalian hama dan penyakit. Beberapa petani/pekebun cabe sangat berusaha sekuat tenaga untuk merogoh kocek (uang saku) mereka demi keselamatan tanaman cabe yang sedang mereka budidaya. Terkadang tanpa disadari menginjak umur tanaman cabe tertentu ternyata banyak sekali tanaman cabe yang menderita penyakit atau terserang hama, sehingga penting sekali pembelian obat-obatan pertanian untuk menangani permasalah tersebut. Memang sangat penting memberantas hama dan penyakit, karena bagaimanapun juga hama dan penyakit akan selalu mempengaruhi hasil panen nantinya;
  • Perempelan pada tunas aksiler (tunas samping pada cabe), ini sangat penting dilakukan, namun ada juga beberapa petani tidak melakukan hal ini karena beberapa alasan tertentu. Perempelan cabe juga penting untuk merangsang pembungaan dan juga menambah jumlah hasil panen cabe untuk lebih banyak lagi. Sebagai panduan, silakan anda pelajari tentang: Teknik-Teknik Perempelan Tunas Tanaman Cabe.
  • Pemberian tiang ajir dan mulsa. Pemberian tiang ajir (dalam bahasa jawa: Cagak) juga sangatlah penting untuk menopang supaya tanaman cabe tumbuh ke arah atas atau sejajar dengan langit. Pada masing-masing sisi bawah lahan tanam juga bisa diberikan mulsa plastik sebagai penghalau agar tanahnya tetap lembab dan menjaga suhu serta pH tanah agar tetap stabil. Pemberian mulsa juga terbukti efektif dalam mengusir hama dan penyakit pada tanaman hortikultura, termasuk tanaman cabe itu sendiri.
Beberapa ulasan/kutipan rangkaian tulisan di atas semoga dapat memberikan wawasan bagi kalangan petani/pekebun cabe dimana saja anda berada. Sebagai referensi, silakan anda juga patut membaca artikel berikut ini, klik: 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Semoga informasi di atas tentang pemupukan dan perawatan tanaman cabe bermanfaat untuk anda, salam budidaya pertanian. Ayo menanam, ayo berkebun cabe. Hijaukan lingkungan sekitarmu.

Artikel Terpopuler

Cara Pemupukan dan Perawatan Tanaman Cabe Yang Baik Sesuai Prosedur
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar