SMA YADIKA Ajarkan Siswa Berwirausaha JAMUR TIRAM

Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Abdi Karya (YADIKA) unit kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan telah menerapkan sistem pembelajaran berbasis kurikulum 2013 (K13). Seperti salah satu dari tuntutan K13 supaya melibatkan peserta didik untuk mampu berwirausaha melalui pembelajaran aktif.

Dalam proses pembelajaran, pihak sekolah telah banyak memfasilitasi siswa-siswinya untuk aktif menjadi insan pembelajaran baik secara akademik maupun non-akademik (ekstrakulikuler).

Berbagai kegiatan ekstrakulikuler siswa yang menjadi salah satu produk pokok dalam keberlangsungan pembelajaran di luar kelas yaitu budidaya jamur tiram yang telah dikoordinasi oleh guru matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), serta pihak sekolah itu sendiri.

Dalam kegiatan budidaya jamur tiram di SMA Yadika Natar, telah banyak melibatkan siswa-siswi dari kelompok ekskul Karya Ilmiah Remaja (KIR), serta siswa-siswi lainnya yang memiliki minat dalam berwirausaha. Dan hingga saat ini, keberlangsungan budidaya jamur tiram masih terus berlanjut.

Berdasarkan pantauan dari administrator website guruilmuan.blogspot.co.id, aktivitas siswa sehari-hari adalah terus merawat jamur tiram di gubuk tempat pembudidayaan jamur tiram. Disana telah terlihat beberapa siswa memanen jamur tiram, dan dalam kegiatan tertentu, misal waktu try out produk dari jamur tiram tersebut dibuat menjadi menu makanan "jamur tiram krispy" dan dijual di lingkungan sekolah.

Berikut ini foto-foto dokumentasi budidaya jamur tiram yang dilakukan oleh siswa SMA Yadika Natar, diantaranya adalah sebagai berikut:

Foto 1:

Jamur Tiram di SMA Yadika Natar
Jamur Tiram di SMA Yadika Natar, Photografer: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Foto 2:

Siswa SMA Yadika Natar Budidaya Jamur Tiram
Siswa SMA Yadika Natar Budidaya Jamur Tiram, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)


Foto 3:

Jamur Tiram Siap Panen
Jamur Tiram Siap Panen, Photo Original by: Wahid Priyono


Itulah tadi aktivitas siswa-siswi di SMA Yadika Natar yang telah berwirausaha jamur tiram di lingkungan sekolah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Ayo sekolah-sekolah lainnya segera menyusul ya? Ditunggu kabarnya. Baca juga: Foto Budidaya Jamur Tiram di SMA Yadika Natar

Artikel Terpopuler

SMA YADIKA Ajarkan Siswa Berwirausaha JAMUR TIRAM
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar