Jarak Tanam Pohon Cokelat (KAKAO) Yang Baik

Kopi cokelat atau biasanya disapa dengan nama "kakao" merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman hortikultura buah yang banyak dimanfaatkan dalam industri makanan ringan.

Keberadaan tanaman cokelat ini sangat berguna, sehingga banyak petani/pekebun yang membudidaya cokelat sebagai langkah sambilan untuk meraih pundi-pundi uang dari hasil bertani coklat tersebut.

Dalam pembudidayaan tanaman cokelat ada beberapa tantangan yang sangat berat, terutama sangat menyedihkan apabila buah cokelat yang sudah digadang-gadang bakal panen besar ternyata berbalik dari harapan dan kenyataan langsung, sebab terkadang banyak sekali petani/pekebun cokelat yang bercerita bahwa buah cokelatnya banyak yang terserang penyakit busuk buah.

Penyakit busuk buah ini sangat merugikan bagi komoditi kakao, dan penyakit busuk buah ini dapat menyebar dari satu buah ke buah lain dalam 1 atau 2 pohon lebih.

Pohon Kopi Coklat Berbuah
Pohon Kopi Coklat Berbuah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Namun, keadaan dapat diantisipasi dengan cara memberi jarak tanam kopi cokelat yang tepat disaat penanam awal, yaitu jarak tanam senilai 5 - 7 meter (jarak ideal). Kemudian untuk pembuatan lubang tanam sebaiknya setinggi 50 cm, dengan di bagian dasarnya diberikan pupuk dari kotoran ayam yang cukup banyak.

Memperhatikan jarak tanam kakao juga sangat penting untuk mencegah supaya tanaman kakao terbebas dari penyakit busuk buah, serta memudahkan tanaman kakao mendapatkan cahaya yang cukup sepanjang hari.

Itulah tadi cara menentukan jarak tanam pohon cokelat (kakao) sesuai anjuran yang benar. Selamat mencoba menanam kakao dengan kriteria yang telah disebutkan di atas, semoga bermanfaat untuk anda.

Salam budidaya pertanian ayo menanam, ayo berkebun ! sukses selalu untuk anda para petani di Indonesia.

Artikel Terpopuler

Jarak Tanam Pohon Cokelat (KAKAO) Yang Baik
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar