Berapa Umur Jeruk Cangkok Berbuah?

Mencangkok tanaman jeruk memang hal mudah dilakukan oleh beberapa orang. Akan tetapi, beberapa orang ada sulit mencangkok jeruk karena mungkin tingkat pemahaman yang kurang tentang dasar-dasar utama mencangkok.

Untuk mendapat hasil cangkok jeruk yang bagus, maka pemahaman dan praktek cangkok harus terus dilakukan supaya pengalaman semakin banyak, dan tentunya lama kelamaan akan menumbuhkan skill (keterampilan) yang mumpuni dalam dunia cangkok mencangkok batang tanaman tertentu.

Pada saat pekebun/petani mendapatkan bibit cangkok, biasanya mereka menanamnya langsung di halaman rumah, perkebunan khusus hortikultur, atau memang langsung ditanam di area-area strategis di perbukitan yang lebih aman dari kejahatan sosial seperti pencurian buah jeruk dalam skala besar.

Biasanya jenis jeruk yang banyak dicangkok oleh pekebun karena alasan harganya yang bagus di pasaran, serta banyak mengundang minat pembeli untuk membelinya yakni jeruk pontianak, jeruk nipis, jeruk manis, jeruk bali, dan lain sebagainya.

jeruk cangkok telah berbuah
jeruk cangkok telah berbuah. photo original oleh wahid priyono


Dari setiap varietas jeruk hasil cangkok batang tentu saja mempunyai daya pikat dan kemampuan berbuah tiap musimnya yang berbeda-beda. Namun, jika bibit jeruk cangkok diperoleh dari hasil cangkok batang, maka biasanya akan mulai berbuah sekitar 4 - 5 tahun lebihm dengan pertambahan buah yang selalu 2 kali lipat dari panen-panen sebelumnya. Sebagai contoh, misalnya, pada tahun pertama panen dihasilkan 1.000 buah jeruk manis, maka pada tahun ke-dua hasil panen bisa dua kali lipat bahkan lebih, sehingga menjadi 2.000 buah. Ini sebagai contoh perhitungan kasarnya saja.

Membudidaya jeruk secara cangkok sangat mudah dilakukan, jika anda berminat bisa langsung membeli bibit cangkok jeruk di toko tanaman sehingga tak perlu repot-repot anda mencangkoknya. Semoga bermanfaat. Baca juga: 7 Cara Agar Batang Cangkok Cepat Berakar.

Artikel Terpopuler

Berapa Umur Jeruk Cangkok Berbuah?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar