Provinsi Pemasok Lada Terbesar di Indonesia [SENTRA Pembibitan]

Indonesia merupakan negara agraris yang cukup besar di Dunia. Sejak jaman pemerintahan Hindia-Belanda, Indonesia terkenal sebagai negara pemasok hasil pertanian yang cukup bergama, termasuk rempah-rempah dan lada adalah bagian yang tak pernah luput dari hasil pertanian pada saat itu.

Perdagangan yang dilakukan di sepanjang jalur sutra, selat sunda, dan kawasan laut china selatan, semuanya melibatkan hasil pertanian Indonesia yang cukup berprospek baik untuk bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Lada merupakan salah satu hasil pertanian rempah-rempahan cukup potensial karena keberadaannya hingga saat ini masih diperhitungkan.

Di pasaran, harga lada cukup tinggi, dan permintaan konsumen terhadap penjual/tengkulak dan pengepul lada sangat tinggi, sehingga pembudidayaannya banyak dilakukan di berbagai kawasan di Indonesia.

Untuk sentra daerah pemasok lada terbesar di Indonesia berada di provinsi Lampung. Karena Lampung sendiri juga kaya akan sumber alam berupa hasil pertanian kopi, cengkeh, lada, dan beberapa jenis buah-buahan seperti duku, kelengkeng, durian, dan berbagai macam jenis tanaman sayur mayur banyak ditemukan di provinsi yang bertopi: "Sai Bhumi Ruwa Jurai" tersebut.

Perkebunan Lada di Lampung Timur (Indonesia)
Perkebunan Lada di Lampung Timur (Indonesia), Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Di sebelah timur provinsi Lampung, pembudidayaan tanaman lada banyak dilakukan, seperti di daerah SUKADANA (Kabupaten Lampung Timur) dan daerah-daerah di Lampung Tengah, Lampung Utara, bahkan di daerah Liwa (Kabupaten Lampung Barat).

Saat dijual di pasaran, harga lada cukup bagus dan berprospek cerah. Sehingga di daerah Lampung pembudidayaan lada sangat besar-besaran dilakukan. Bahkan, pihak penggemar perkebunan dari daerah luar sering sekali membeli bibit-bibit lada di daerah Lampung, seperti yang mereka beli kebanyakan lada hitam dan lada putih di daerah Lampung Timur.

Selain di provinsi Lampung, sentra pemasok dan pembudidaya tanaman lada terbesar di Indonesia berada di kawasan Palembang (Sumatera Selatan), Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, dan beberapa diantaranya dibudidaya di daerah Papua dan juga Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jangan lupa anda klik, baca dan pelajari cara budidaya lada berikut ini: Cara Menanam Lada Hitam dan Lada Putih. Semoga bermanfaat.

Artikel Terpopuler

Provinsi Pemasok Lada Terbesar di Indonesia [SENTRA Pembibitan]
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar