Ciri-Ciri Pohon Kelengkeng Yang Akan Berbuah Lebat

Sejauh ini, pembudidaya tanaman kelengkeng sangat marak dilakukan oleh para pekebun/petani dimana saja mereka berada. Pembudidayaan kelengkeng cukup mudah, artinya dari segi teknik dasar penanaman dan perawatannya semua kalangan dapat melakukannya.

Perawatan kelengkeng terkadang memang cukup menyulitkan bagi sebagian orang, karena pohon kelengkeng sendiri tergolong tanaman yang manja dan perlu perhatian serius layaknya seorang anak-anak yang masih labil.

Perawatan kelengkeng supaya menghasilkan buah lebat tentu saja bukan perkara mudah, anda harus secara rutin mengontrol petumbuhan dan perkembangan tanaman sejak awal tanam sampai pada proses menjelang pemetikan buahnya.

Perawatan meliputi beberapa komponen utama seperti penyiraman tanaman, pendangiran dan penyiangan, pemupukan, perempelan pada tunas-tunas aksiler (tunas samping yang liar) pada buah kelengkeng, dan lain sebagainya.

Namun, faktor yang paling terpenting untuk menghasilkan pohon kelengkeng agar cepat berbuah lebat yakni pengaruh faktor pemupukkan yang dilakukan secara teratur disesuaikan dosis dan umur tanaman.

Efek yang bagus bagi perawatan tanaman kelengkeng yang dilakukan secara benar yakni terbukti mampu membuat akar, batang tanaman kelengkeng menjadi lebih kuat dan tebal, daunnya tidak mudah rontok apabila ditambahkan pupuk organik seperti kotoran tahi ayam yang dikeringkan terlebih dahulu. Perlu juga anda ketahui masing-masing pupuk yang hendak anda berikan ke masing-masing tanaman kelengkeng, apakah pupuk tersebut mengandung unsur Nitrogen dalam jumlah banyak?


Pohon Kelengkeng Mulai Berbuah Pada Bulan Oktober 2015
Pohon Kelengkeng Mulai Berbuah Pada Bulan Oktober 2015, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)
Setelah serangkaian proses perawatan dilakukan secara benar, biasanya tumbuh-kembang tanaman akan semakin membaik, karena nutrisi dan perawatan lingkungan tanam secara disiplin telah terpenuhi bagi tanaman kelengkeng itu sendiri.

Ada hukum sebab akibat dalam budidaya kelengkeng. Dimana jika kita merawat tanaman kelengkeng secara serius, maka hasil panen buahnya pun akan bagus pula, yakni menghasilkan pohon kelengkeng yang berbuah sangat banyak, dengan syarat bibit yang diperoleh dari hasil penyangkokan.

Adapun ciri-ciri dari tanaman (pohon) kelengkeng yang akan berbuah lebat adalah sebagai berikut:

  • Munculnya bunga di tiap-tiap ujung batang. Bunga tersebut berbentuk tandan dengan terdiri dari banyaknya bunga yang mengelilingi tandan. Biasanya pada tiap tandan bunga memiliki 50-an/bahkan bisa lebih untuk dipersiapkan menjadi bakal buah;
  • Biasanya dibagian masing-masing ujung batang tidak tumbuh tunas lagi, melainkan tumbuhnya bunga akan menjadi pertanda bahwa tanaman akan siap berbuah. Biasanya kelengkeng akan berbunga mulai bulan Juli - Oktober, namun ini bukan bulan yang pasti sebab beberapa varietas kelengkeng bangkok bisa berbuah tanpa mengenal musim.
  • Biasanya daunnya akan sedikit tumbuh banyak dari hal sepertinya, terkadang juga muncul tunas-tunas liar yang menutupi kanopi batang, maka ini harus dipangkas untuk merangsang pembentukan bunga agar lebih cepat, sehingga pada akhirnya akan membuat tanaman kelengkeng berbuah lebih banyak.
  • Beberapa varietas tanaman kelengkeng akan meranggas (daunnya rontok) ketika akan berbunga dan berbuah. Meskipun tiap varietas tersebut terkadang kerontokan daun tidak terlalu banyak hanya pada bagian-bagian tertentu saja seperti diujung tunas batang dimana disitu nantinya akan terbentuk tandan bunga.

Itulah tadi penjelasan deskripsi tentang tanaman kelengkeng yang akan berbuah lebat. Semoga dapat menjawab permasalahan anda. Ayo berkebun, jangan lupa baca dan klik artikel menarik berikut ini: Cara Budidaya Kelengkeng Agar Cepat Berbuah Lebat dan Menguntungkan Bagi Petani.

Artikel Terpopuler

Ciri-Ciri Pohon Kelengkeng Yang Akan Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar