Foto Morfologi Tanaman TOMAT CHERRY Di Ember

Tomat cherry merupakan salah satu tanaman hortikultura buah yang hampir sebagian varietasnya telah dibudidayakan oleh petani di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, tomat cherry banyak dijual bebas di pasaran organik maupun pasar-pasar tradisional.

Pembudidayaan tomat cerry cukup mudah, dan tidak harus anda lakukan di lahan terbuka luas yang berhektar-hektar. Cukup menggunakan pot/wadah polybag dan ember saja, anda sudah dapat melakukan budidaya tanaman cherry di sekitar tempat tinggal anda.

Secara fisiologis, tanaman buah cherry sangat mudah dibudidayakan di berbagai jenis lahan dan tanah. Pada beberapa media tanam, banyak pula petani yang membudidayakannya secara vertikultur maupun hidroponik. Kedua cara ini telah banyak dilakukan dan mungkin saja pernah dicoba oleh banyak petani.

Untuk memperoleh hasil panen buah tomat cherry yang optimal, maka faktor pemberian cahaya matahari sangat penting, terutama tanaman harus ditanam di tempat yang banyak cahaya sepanjang hari. Media tanam juga penting diperhatikan. Untuk menghasilkan buah yang banyak, media tanam yang paling baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman cherry yakni dengan pupuk kandang dari kotoran ayam, atau menggunakan pupuk organik berbahan dasar dari arang sekam padi yang dibakar lalu dicampurkan dengan tanah (perbandingan arang sekam : tanah = 1:2). Lakukan juga penyiraman secara intensif supaya kadar air di lama tanah tetap terjaga baik.

Tomat cherry diperkirakan dapat mulai dipanen sekitar umuran 1,5 - 2 bulan, yakni dengan pemanenan buah yang masih muda atau buah yang telah tua, semua disesuaikan dengan kebutuhan. Cepat dan lambatnya pemanenan tentu saja dipengaruhi oleh banyak hal termasuk faktor penanaman serta perawatan tanaman yang baik dan benar.

Berikut ini dokumentasi foto-foto dari pertanian tomat cherry organik menggunakan pupuk dasar arang sekam padi yang dibakar. Hasil panen dan buahnya cukup banyak.

                                                                               Foto 1:

Tanaman Tomat Cherry Mulai Berbuah
Tanaman Tomat Cherry Mulai Berbuah, Foto Original by: Wahid Priyono (GuruIlmuan)

Foto 2:

Tomat Cherry Sudah Matang, Foto Original by: Wahid Priyono

                                                                                  Foto 3:

Buah Tomat Cherry, Foto: Wahid Priyono


                                                                                      Foto 4:

Tanaman Tomat Cherry dibudidaya di Ember
Tanaman Tomat Cherry dibudidaya di Ember, Foto Original by: Wahid Priyono

                                                                                  Foto 5:

Foto Morfologi Tomat Cherry di Ember, Foto Original (Guruilmuan)


Itulah tadi foto-foto dokumentasi tomat cherry yang pernah dibudidaya di lahan pertanian. Semoga bermanfaat apa yang disampaikan, semoga menjadi referensi. Salam budidaya pertanian. Ayo menanam.

Artikel Terpopuler

Foto Morfologi Tanaman TOMAT CHERRY Di Ember
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar