Foto-Foto Buah Pare Berbuah Lebat Yang Sedang Dibrongsong

Untuk mencegah dari serangan hama dan penyakit pada tanaman pare, maka petani maupun pekebun dapat melakukan kegiatan perawatan tanaman. Salah satunya adalah melakukan pembrongsongan pada buah pare menggunakan plastik transparan supaya buah parenya menjadi aman terlindungi dari serangan hama parasit yang dapat merusak kualitas buah.

Sistem pertanaman tubuh dari buah pare terhadap hama, penyakit serta kondisi lingkungan sekitar memang sangat kurang tahan dan pada akhirnya beberapa penyakit pada tanaman pare seringkali muncul, seperti halnya busuk buah yang banyak disebabkan karena faktor hama: Drosophila melanogaster (lalat buah). Selain lalat buah, kumbang/tawon juga merupakan hama serius dalam pertanian budidaya pare di perkebunan.

Kondisi lingkungan yang kurang cocok terkadang membuat sebagian organ tanaman pare menjadi rusak, mengalami penyakit layu fusarium, akar tanaman membusuk yang diikuti dengan kematian tanaman, atau dapat terjadi karena intensitas air hujan yang tinggi juga dapat berpengaruh terhadap kualitas buah yang dihasilkan tanaman.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan di lapangan, curah hujan tinggi cenderung membuat buah pare banyak yang busuk, buah menjadi cepat masak, serta kerap terjadi pembusukan buah dan terlihat adanya belatung di dalam buahnya. Sehingga cara terbaik dalam budidaya pare dapat dilakukan dari musim penghujan menuju ke musim kemarau.

Untuk mengantisipasi dari serangan hama dan penyakit. Beberapa petani mencoba membrongsong buah pare menggunakan plastik transparan, hal ini bertujuan agar buah pare tetap sehat.

Berikut ini beberapa gambar/foto dari tanaman buah pare yang pernah saya lakukan budidaya di sekitar perkebunan yang saya miliki, dan karena di area tersebut banyak terdapat kumbang dan juga lalat buah, maka saya mengantisipasi buah pare dengan cara dibrongsong (ditutupi dengan plastik transparan). Hal ini merupakan langkah tepat yang semestinya memang saya harus lakukan supaya hasil panen pare saya melimpah, lebat, dan cepat berbuah banyak.

Foto 1:

Buah Pare Sedang Dibrongsong
Buah Pare Sedang Dibrongsong, Foto Original Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Foto 2:

Tanaman Buah Pare Sedang Berbuah
Tanaman Buah Pare Sedang Berbuah, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Foto 3:

Buah Pare Dibrongsong Supaya Tidak Terserang Hama
Buah Pare Dibrongsong Supaya Tidak Terserang Hama, Foto: Wahid Priyono


Foto 4:

Buah Pare Dibrongsong/Ditutupi Plastik
Buah Pare Dibrongsong/Ditutupi Plastik, Photo Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono)
Demikian deskripsi dan informasi tentang beberapa sajian foto-foto buah pare berbuah lebat yang sedang dibrongsong di lahan perkebunan yang pernah saya gunakan untuk membudidaya tanaman hortikultura sayur-mayur. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk anda. Salam budidaya pertanian, ayo menanam. Ayo berkebun. Jangan lupa baca juga: Cara Mencegah Agar Buah Pare Tidak Diserang Lalat Buah Drosophila melanogaster.

Artikel Terpopuler

Foto-Foto Buah Pare Berbuah Lebat Yang Sedang Dibrongsong
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

December 16, 2015 at 12:57 PM Delete

Sipp mas ... Lnjutkan menulisnya

semoga bermanfaat untuk para petani :)

Kunjungan balik k blog saya ya... hehehe

Reply
avatar
December 18, 2015 at 8:02 AM Delete

Iya mas Jun, terimkasih, mudah-mudahan saya terus diberi kesehatan, sehingga bisa terus memperbarui artikel di blog saya ini. Terimakasih.

Reply
avatar