8 Cara Memilih Bibit Tanaman Yang Tepat dan Terencana

Memilih bibit tanam tidak sembarangan dilakukan, harus perlu ekstra hati-hati, membutuhkan daya pikir (tingkat kenalaran yang sesuai dengan kondisi) dan memperhatikan kondisi bibit yang hendak dibeli.

Pemilihan bibit secara selektif sangat dibutuhkan, sebab bibit tanaman merupakan cikal-bakal untuk menjadikan sebuah tanaman unggul atau tidaknya. Jika pemilihan bibit dilakukan secara benar, tepat dan terencana, maka pada akhirnya akan menciptakan kualitas tanaman yang lebih unggul.

Kualitas tanaman yang unggul maksudnya dapat dilihat dari berbagai aspek seperti kemudahan tanaman untuk tumbuh dan berkembang, percepatan masa pembungaan dan menghasilkan buah, atau tanaman mampu dan tahan terhadap serangan hama maupun penyakit.

Bibit Tanaman Tomat Rampai Bintang Asia
Bibit Tanaman Tomat Rampai Bintang Asia, Foto Original Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Setiap tanaman mempunyai karakteristik dan tipe yang berbeda-beda, sehingga dengan melihat karakteristik tersebut, maka seorang pembeli bibit akan lebih peka dalam menentukan bibit yang cocok, sesuai dengan kondisi lahan yang dimilikinya, sehingga nantinya akan bermanfaat dan menguntungkan.

Biasanya bibit unggul yang dijual di pasaran atau di toko benih dan bibit diberikan harga yang bervariasi, sebab umumnya bibit unggul dijual dengan harga yang lebih mahal daripada bibit biasa. Dengan kata lain, hasil panen yang didapat dari bibit tanam unggul tentu akan jauh berbeda dengan bibit biasa. Jadi intinya adalah hasil yang diperoleh sebanding dengan apa yang didapat.

Sebuah bibit dapat dikatakan unggul jika memenuhi kriteria (ciri) sebagai berikut:

1. Pertumbuhan Bibit Seragam

Maksudnya adalah bibit dalam sekali sebar atau sekali semai langsung memiliki pertumbuhan yang sama (seragam), jika tinggi tanaman satunya adalah 20 cm, maka tanaman yang lainnya juga berkisar diantara tinggi tanaman 20 cm. Oleh sebab itu, ketika membeli bibit pastikan keseragaman dalam pertumbuhannya juga diperhatikan.

2. Tahan Terhadap Perubahan Iklim

Akhir-akhir ini iklim di dunia sering berubah-ubah, dan hal ini sangat berpengaruh terhadap produktivitas hasil panen. Perubahan anomali cuaca yang tidak menentu seringkali membuat petani merasa dirugikan, karena kegagalan panen acapkali terjadi. Badai el-nino juga memberi dampak dalam budidaya tanaman pertanian di Indonesia yakni pemekaran pada bunga sedikit terhambat sehingga pembentukan buahnya pun menjadi tidak sempurna, bunga-bunga banyak yang rontok, serta bagi beberapa jenis tanaman bibit seringkali menyebabkan bibit tidak tumbuh optimal.

3. Bibit Tumbuh Lebih Cepat

Ciri ketiga dari kriteria bibit yang unggul yakni bibit ketika ditanam mengalami proses perkecambahan biji yang cepat sehingga akan segera dihasilkan tanaman baru yang unggul. Kecepatan dalam pertumbuhan bibit menjadi bibit dewasa yang unggul juga sangat dipengaruhi oleh faktor dalam pemberian pupuk dan penyiraman.

4. Mempunyai Akar Yang Banyak

Ciri keempat yakni suatu bibit dikatakan unggul apabila memiliki pertumbuhan akar primer dan akar sekunder yang cukup banyak, ketebalan akarnya dapat ditoleransi dengan menggunakan indera, serta pertumbuhan akarnya sejalan dengan bertambahnya umur tanaman bibit tersebut.

5. Tahan Saat Dipindahkan Ke Lahan Lain

Beberapa tanaman bibit akan mudah mati ketika dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, atau sebagai contoh suatu tanaman jenis A yang ditanam di wadah polybag telah dipindahkan ke lahan tanam bedengan dan pada akhirnya langsung mati. Jadi intinya bahwa pastikan bahwa ketika hendak membeli bibit tanaman perlu memperhatikan terkait dengan kemungkinan hidupnya tanaman ketika dipindahkan. Hal semacam ini juga dapat anda demonstrasikan langsung kepada penjual bibit supaya kelak tidak menyesal.

6. Tahan Terhadap Hama dan Penyakit 

Saat ini ketika membeli bibit tanam sudah terverifikasi label "tanaman bebas dari penyakit", namun hal ini tidak serta merta terhadap tanaman bibit yang dijual dipasaran dalam bentuk bibit yang sudah siap tanam. Bibit yang sudah siap ditanam semisal adalah bibit cangkok, bibit hasil stek batang, bibit hasil okulasi, atau bibit dari hasil persilangan genetika. Solusi untuk mencegah dari kesalahan dalam memilih bibit adalah dengan melihat faktor lain seperti kenampakan bentuk tubuh tanaman yang sehat, daunnya segar, akarnya banyak, batangnya tebal, serta tidak terdeteksi adanya hama dan penyakit yang mungkin saja telah menyerang tanaman bibit tersebut.

7. Batang, Akar dan Daunnya Kokoh

Point ketujuh ini juga dapat dijadikan dasar dalam memilih tanaman bibit yang tepat dan terencana. Sehingga dalam pemilihan bibit di pasaran harus melihat kondisi tanaman yang mencakup aspek kekokohan akar, daun yang menghijau, serta batangnya yang keras dan kuat. Namun tidak untuk tanaman cangkok. Biasanya saat membeli tanaman bibit hasil cangkok sangat wajar apabila akarnya belum terlalu kokoh, sehingga nantinya ketika ditanam di lahan terbuka (seperti kebun, ladang, halaman rumah, dan lainnya) tentu harus diberikan tiang sementara untuk tanaman cangkok tadi supaya tidak mudah rebah (roboh).

8. Produktivitas Hasil Panennya Tinggi

Kriteria tanaman bibit unggul pada point ke delapan ini maksudnya adalah carilah bibit tanaman yang memang telah memiliki riwayat hidup yang jelas, baik, dan telah terbukti menghasilkan buah dalam jumlah yang memadai. Produktivitas tinggi hasil panen suatu pertanian baik itu pertanian holtikultura buah maupun sayur dapat diukur dari seberapa banyak hasil panen yang didapatkan. Sehingga bibit tanam induk yang mempunyai riwayat hidup baik dapat dijadikan referensi untuk menentukan apakah bibit tanam tersebut unggul dan berkualitas?

Demikian informasi tentang: "8 Cara Memilih Bibit Tanaman Yang Tepat dan Terencana", semoga apapun yang telah dijelaskan pada bagian di atas bermanfaat untuk rekan-rekan pekebun/petani dan penggemar tanaman dimanapun anda berada. Ayo menanam. Ayo berkebun, dan mari kita ciptakan lingkungan Indonesia yang hijau dan asri.

Jangan lupa tambahkan pengetahuan anda seputar pertanian dengan membaca artikel berikut: Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Panen Dalam Pertanian.

Artikel Terpopuler

8 Cara Memilih Bibit Tanaman Yang Tepat dan Terencana
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar