Batas Waktu Menanam Batang Cangkokan Yang Tepat

Mencangkok merupakan teknologi pertanian yang telah banyak diterapkan dalam dunia pertanian saat ini. Implementasi dari kegiatan mencangkok merupakan salah satu cara terefektif untuk menghasilkan tanaman baru secara vegetatif.

Umumnya tanaman yang dapat dicangkok berasal dari tanaman dikotil yang mempunyai ciri batang berkayu, artinya batang tanaman tersebut mempunyai kambium.

Mencangkok memiliki tujuan utama adalah untuk memperbanyak tanaman secara vegetatif, sehingga diharapkan akan mampu mempercepat tanaman untuk segera menghasilkan buah, serta mempunyai daya tahan tumbuhan terhadap berbagai jenis penyakit dan hama.

Sebelum membahas lebih dalam tentang batasan waktu menanam batang cangkokan, maka tak ada salahnya terlebih dahulu kita pelajari tentang manfaat dan kerugian dari mencangkok, tujuannya adalah supaya kita pahamakan konsekuensi dalam aktivitas mencangkok yang hendak dilakukan.

1. Keuntungan Mencangkok

Mencangkok tentu saja memiliki keuntungan-keuntungan tersendiri. Keuntungan mencangkok diantaranya adalah tanaman akan cepat menghasilkan buah, tanaman lebih tahan terhadap hama dan penyakit pada tanaman, pembungaan akan segera terjadi dengan perantara penyerbukan melalui bantuan serangga, angin, air hujan, dan embun.

2. Kerugian Mencangkok

Mengcangkok juga mempunyai kerugian, yakni batang tanaman hasil cangkok pada saat awal penanaman di lahan terbuka, baik di kebun atau di halaman rumah biasanya mudah roboh jika tertiup anggin, sehingga perlu diberikan tiang penyangga pada tanaman hasil cangkok yang baru saja ditanam. Selain itu, tanaman mencangkok biasanya memiliki akar yang tidak terlalu kuat karena bukan berasal dari perkembangbiakan secara generatif (melalui biji).

Melihat fenomena keuntungan dan kerugian yang telah disebutkan di atas, ternyata kita juga perlu tahu tentang batasan waktu dalam menanam batang cangkokan.

3. Batasan Waktu Menanam Batang Cangkokan

Tidak ada batasan waktu tertentu dalam menanam batang cangkokan. Akan tetapi, beberapa ahli perkebunan dan pertanian profesional menganjurkan supaya proses penanaman batang cangkokan maksimal 15 hari setelah pemotongan dari batang induk yang dijadikan uji coba penyangkokan.

Dan beberapa ahli cangkok tanaman terkemuka di Inggris, John Hendry (University of Cambridge) mengungkapkan bahwa setelah tanaman cangkok dipotong dari tubuh induk, maka sebaiknya lakukan penyiraman pada akar tanaman hasil cangkok, setelah itu biarkan terlebih dahulu hingga 1x24 jam, lalu setelah itu ditanam seperti biasa pada media tanaman tanah yang dicampuri pupuk kandang, kompos/tanah yang berhumus.

Beberapa literatur terdahulu memang menyebutkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui frekuensi waktu yang paling tepat dalam menanam batang hasil cangkokan adalah dengan segera menanamnya. Ada beberapa ahli botani tumbuhan yang menganjurkan agar akar tanaman hasil cangkokan direndam terlebih dahulu pada air yang mengandung insektisida supaya akar tanaman tidak mudah rusak/busuk akibat serangan mikroorganisme patogen di dalam tanah.

Apapun yang hendak Anda temukan dari jawaban tentang batas waktu menanam batang cangkokan, maka sebaiknya segera ditanam saja setelah dibeli.

Semoga informasi dari artikel di atas bermanfaat untuk semuanya. Salam budidaya pertanian. Ayo menanam.


Artikel Terpopuler

Batas Waktu Menanam Batang Cangkokan Yang Tepat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar