Penentuan Arah Bedengan yang Baik dan Benar Sehingga Tidak Keliru

Penentuan arah bedengan dalam membudidaya berbagai jenis tanaman sayur mayur maupun buah dan umbi-umbian sangatlah penting. Mengingat setiap orang/petani tidak mengetahuinya, padahal ini adalah dasar-dasar pertanian yang harus dipelajari.

Dalam membuat lahan bedengan, sebaiknya harus memperhatikan arah bedengan yang baik dan benar supaya tidak keliru.

Lahan Bedengan Mentimun dilengkapi Perangkat Mulsa Plastik di bagian atasnya
Lahan Bedengan Mentimun dilengkapi Perangkat Mulsa Plastik di bagian atasnya. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Adapun arah bedengan yang baik dan benar adalah dibuat memanjang dari arah utara ke arah selatan. Hal ini dilakukan semata-mata bertujuan agar nantinya tanaman yang dibudidaya di atas lahan bedengan tersebut akan efisien dalam melakukan proses fotosintesis.

Walaupun membuat lahan bedengan dengan arah timur ke barat boleh saja dilakukan, akan tetapi alangkah baiknya apabila membuat lahan bedengan mengarah dari utara ke selatan. Cara ini banyak dilakukan oleh para petani profesional dalam melakukan budidaya tanaman pangan (bahan makanan pokok), petani buah dan sayur di daerah.

Semoga informasi sederhana di atas bermanfaat untuk anda. Salam budidaya pertanian, jangan lewatkan juga artikel berikut ini: 8 Fungsi Lahan Bedengan Atau Gulutan Sebagai Media Tanam Tumbuhan Hortikultur.

Artikel Terpopuler

Penentuan Arah Bedengan yang Baik dan Benar Sehingga Tidak Keliru
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar