Keuntungan Positif Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe

Gulma ternyata menjadi sarang bagi hama untuk tumbuh dan mengalami proses metamorfosis untuk menghasilkan anakan yang baru. Sehingga jika lahan tempat dimana tanaman cabe tumbuh dan banyak terdapat banyak gulma maka hal ini akan berdampak buruk bagi pertumbuhan tanaman cabe, diantaranya adalah tanaman cabe bisa terhambat laju pertumbuhan organnya sehingga menjadi lebih kurus dan kurang unsur hara (difisiensi kekahatan unsur hara tertentu) sebab terjadi kompetisi/perebutan nutrisi hara antara tanaman cabe dengan tanaman gulma parasit.

Lahan Tanam Cabe Terbebas Gulma, Tanaman Cabe Berbuah Lebat
Lahan Tanam Cabe Terbebas Gulma, Tanaman Cabe Berbuah Lebat, Photo Kontributor by: Muslehuddien.

Jadi, sangat penting sekali lahan tanam cabe itu harus bersih dan terbebas gulma. Adapun manfaat/keuntungan dari membersihkan gulma pada tanaman cabe diantaranya adalah:

·         Tanaman cabe akan lebih subur karena tidak ada perebutan/kompetisi antara tanaman cabe dengan gulma;
·         Laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe akan lebih cepat;
·         Produktivitas hasil panen lebih tinggi;
·         Tanaman cabe mampu menghasilkan buah yang lebih lebat/jumlahnya banyak, dan hal inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para petani;
·         Transportasi nutrisi (unsur hara makro dan unsur hara mikro) pada tanaman cabe akan berjalan lancar dari akar menuju ke organ tanaman cabe lainnya).
Itulah tadi penjelasan singkat tentang manfaat/keuntungan positif membersihkan lahan tanam cabe dari serangan gulma yang berlebihan. Semoga bermanfaat untuk anda. Baca dan klik juga artikel berikut ini: Cara Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Cabe agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Keuntungan Positif Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar