Tujuan dan Manfaat Memberi Tiang Ajir dan Mulsa Pada Tanaman Cabe yang Sedang Dibudidaya

Perawatan tanaman cabe tidak hanya sekedar memberikan nutrisi (unsur hara), namun faktor teknis lainnya juga penting seperti pemberian tiang ajir dan mulsa pada tanaman cabe.

Tiang ajir dan mulsa sangat penting bagi tanaman cabe, dimana keduanya memiliki fungsi yang tak dapat dipisahkan.

Dan berdasarkan pengalaman, sekitar 20 - 30% petani akan mendapatkan produktivitas hasil panen cabe lebih tinggi dibandingkan pada saat membudidaya cabe tanpa menggunakan mulsa maupun tiang ajir/tiang penyangga pohon cabai.

Tanaman Cabe diberikan Perangkat Mulsa dan Tiang Ajir
Tanaman Cabe diberikan Perangkat Mulsa dan Tiang Ajir. Photo Original by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan Indonesia).

Berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana fungsi, peranan, dan tujuan memberikan tiang ajir dan mulsa pada tanaman cabe, seperti di bawah ini:

     Pemberian Tiang Ajir

Tanaman cabe membutuhkan tiang ajir/tiang penyangga yang terbuat dari bilah bambu yang dipotong-potong dengan ukuran tertentu yang menyerupai tongkat. Panjangnya bervariasi, bisa 60 – 100 cm, tergantung tinggi tanaman cabenya. Di beberapa kios penjualan alat pertanian, biasanya ada pedagang yang menjual tiang ajir yang memang berasal dari perusahaan tiang ajir tertentu.

Adapun tujuan dan manfaat dari pemberian tiang ajir/tongkat kayu/tiang penyangga supaya tanaman cabe tumbuh ke arah atas, buah cabe dapat diatur sedemikian rupa sehingga tidak berantakan, serta tiang ajir berfungsi untuk mencegah agar tanaman cabe tidak mudah roboh/rebah karena kondisi cuaca yang ekstrem serta tidak mendukung (bisa karena hujan lebat, angin kencang), dan lain sebagainya.

     Pemberian Mulsa

Selain pemberian tiang ajir, tanaman cabe sebaiknya diberikan mulsa plastik agar tanah lebih terjaga kelembabannya. Selain itu, perangkat mulsa plastik yang diletakan di atas lahan bedengan berfungsi untuk mencegah erosi unsur hara di dalam tanah yang mungkin saja bisa terbawa arus air hujan, mempertahankan fungsi lahan bedengan dan tingkat keasaman tanah (pH tanah), dan lain sebagainya.

Mulsa plastik yang umumnya digunakan adalah mulsa berwarna perak, dan mulsa plastik ini banyak dijual secara komersial di toko/kios penjualan alat pertanian di berbagai penjuru daerah di tanah air.

Anda juga wajib membaca artikel terkait tentang: Manfaat Memberi Tiang Ajir dan Mulsa Pada Tanaman Cabe.

Artikel Terpopuler

Tujuan dan Manfaat Memberi Tiang Ajir dan Mulsa Pada Tanaman Cabe yang Sedang Dibudidaya
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar