Tujuan Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat

Dalam budidaya cabe, seorang petani wajib tekun dan mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik, termasuk dalam kegiatan perawatan tanaman cabe. Aktivitas tersebut mencakup beberapa hal seperti mampu merawat tanaman cabe secara benar, mampu mendisiplinkan diri untuk terus semangat dalam membudidaya cabe.

Karena tugas yang tidak cukup mudah, tetap bagaimanapun juga tanaman cabe butuh perawatan memadai dan terstruktur, meliputi beberapa hal seperti: penyiraman, pemupukan, pendangiran, penyiangan, pemberian tiang ajir dan mulsa bagi tanaman cabe yang dibudidaya.

Penyiangan dan Pendangiran Tanaman Cabe Menghasilkan Buah Cabe yang Lebat
Penyiangan dan Pendangiran Tanaman Cabe Menghasilkan Buah Cabe yang Lebat. Photo Kontributor by: Ichin Sembalun.

Berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana tata cara dalam perawatan tanaman cabe khususnya pada tahap pendangiran dan penyiangan, sesuai ajaran dari petani profesional yang pernah saya pelajari, diantara adalah:

     1.       Pendangiran

Tanaman cabe penting sekali dilakukan pendangiran. Pendangiran bertujuan untuk memastikan bahwa lahan tanaman cabe mempunyai tanah yang gembur, sehingga tingkat kesuburan tanah akan terjaga secara baik. Tanah/lahan bedengan tempat tumbuhnya tanaman cabe memang harus digemburkan secara berkala supaya tanaman cabe lebih subur dan mampu mengangkut nutrisi hara secara baik dan. Jadi intinya bahawa, kegiatan pendangiran pada tanaman cabe itu bertujuan untuk memastikan bahwa lahan tanam (tanah bedengan) tetap gembur.

Sementara itu, manfaat/kegunaan dari pendangiran yaitu agar penyerapan unsur hara, air, serta garam-garam mineral dari dalam tanah berlangsung secara baik dan efisien. Baca juga: Cara Pendangiran dan Penyiangan Tanaman Cabe Sesuai Prosedur yang Baik dan Benar.

Seperti diketahui secara bersama bahwa air digunakan sebagai pelarut berbagai reaksi kimia metabolisme sel, sebagai pelarut enzim, hormon, dan juga untuk menjaga osmoregulasi dan fisiologi tumbuhan agar tetap berada pada kondisi normal.

     2.       Penyiangan

Adapun penyiangan bertujuan untuk membersihkan lahan tanam cabe dari serangan gulma (rumput-rumput liar pengganggu pertumbuhan tanaman). Penyiangan juga memiliki manfaat untuk mencegah perkembangan hama dan penyakit yang sifatnya parasit bagi tanaman cabe. Karena sebagian besar hama dan penyakit akan tinggal/bersarang di tanaman gulma, sehingga larva-larva hama akan mudah berkembang di lahan yang penuh dengan gulma.

Lakukan penyiangan dengan menggunakan alat pengoret gulma, bisa menggunakan cangkul atau pencong. Penyiangan sebaiknya dilakukan berbarengan pada waktu pendangiran.

Untuk menambah wawasan/pengetahuan anda tentang budidaya cabe, silakan baca dan klik artikel ini >> 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terbaru

Tujuan Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar