2 Cara Tercepat Supaya BIBIT CABE Tumbuh Subur

Dalam pemeliharaan tanaman cabe, perawatan tanaman menjadi hal penting yang harus dilakukan. Bibit cabe yang baru tumbuh (berkecambah) tentu saja membutuhkan perawatan tanaman yang begitu ekstra. Perawatan tanaman cabe sejak masa pembibitan (penyemaian benih/biji cabe) dapat berupa penyiraman, pemberian pupuk organik (kotoran ternak) dengan dicampur pada tanah adalah sebagai media yang tepat untuk pertumbuhan tanaman muda.

Mempunyai percepatan tumbuh tanaman cabe adalah hal mutlak untuk mengukur seberapa serius seorang petani untuk menghasilkan tanaman cabe yang sukses.

Ada beberapa langkah yang mungkin saja bisa anda coba terapkan untuk mempercepat supaya bibit cabe tumbuh subur.

1. Gunakan Pupuk Dasar Dari Kotoran Ternak atau Kompos

Pupuk dasar dari kotoran hewan ternak (bisa kotoran dari tahi ayam, tahi sapi, tahi kerbau, dan pupuk kompos dari sisa ferementasi air kencing hewan, maupun ferementasi organ tanaman untuk dijadikan pupuk adalah penting diberikan pada saat tanaman cabe berada pada usia belia pasca penyemaian.

Pupuk dasar dari kotoran hewan ini bisa diformulasikan dengan dicampurkan ke media tanam (tanah) dengan perbandingan yang selaras.

Bibit Cabe Berhasil Disemai
Bibit Cabe Berhasil Disemai, Photo Original by: Wahid Priyono.

Dari beberapa referensi yang pernah saya baca, pada pupuk kotoran ternak hewan terdapat unsur hara penting yang dibutuhkan oleh tanaman. Unsur hara yang paling menonjol yakni unsur hara Nitrogen (N), Magnesium (Mg), dan juga Kalium (K) dan Kalsium (Ca).

Jadi jangan ragu lagi untuk menggunakan pupuk dari kotoran hewan ternak sebagai pupuk dasar untuk menyemai cabe.

2. Agar Bibit/Benih Cabe Subur, Gunakan Teknik Semai Cabe Yang Benar

Ada banyak sekali promosi terbaik dalam penyemaian bibit cabe supaya hasilnya bagus dan berkualitas. Berbagai jenis cabe sangat cocok disemai dengan metode/teknik yang akan saya bagikan di bawah ini.

Ada 3 teknik dasar dalam semai benih cabe, yakni teknik semai cabe steril pro, teknik semai cabe sistem polybag, serta sistem semai cabe sistem polybag. Ketiga teknik ini sudah terbukti ampuh dapat mendongkrak hasil panen cabe dalam jumlah yang melimpah.

Untuk mempelajari ketiga teknik semai cabe di atas, anda bisa membaca dan mempraktekan berbagai macam teknik melalui link di bawah ini:

Dan untuk sebagai pelengkap dari referensi di atas, silakan anda juga bisa membaca buletin artikel berikut ini, klik: 5 Teknik Perawatan Cabe, Panen 60 Kali Lipat

Artikel Terpopuler

2 Cara Tercepat Supaya BIBIT CABE Tumbuh Subur
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar