Pupuk Organik Cair: Ramuan Agar Timun Berbuah Lebat

Pupuk Organik Cair (POC) merupakan ramuan alamiah terbaik yang cocok dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan pada buah mentimun. POC dapat dibuat sendiri karena proses yang dilakukannya cukup mudah.

Secara langsung, peranan pupuk organik cair ini sangat terasa sekali terutama jika para petani menginginkan hasil panen mentimunnya berbuah lebat dan juga menguntungkan.

POC dapat dibuat dengan mudah, sebagai contoh adalah membuat POC dari kotoran hewan ternak sapi yang dicampurkan dengan air dan beberapa substrat tanaman lainnya seperti jerami padi, gedebok pisang, lalu difermentasikan beberapa hari lalu disemprotkan pada batang atau akar tanaman. POC kebanyakan digunakan oleh petani modern untuk perawatan tanaman seperti vertikultur, hidroponik, kultur teknis, dan jenis pertanian modern lainnya.

Buah Mentimun Nampak Segar Berkat Penyemprotan POC
Buah Mentimun Nampak Segar Berkat Penyemprotan POC, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Bahkan, air kencing sapi dan air kencing kelinci juga dapat dijadikan pupuk organik cair yang bagus untuk disemprotkan pada jenis tanaman yang hidupnya menggantung pada substrat, sebagai contoh penyemprotan POC untuk tanaman hias bunga anggrek, cabai jawa, lada, sawi vertikultur, dan tanaman-tanaman hidroponik yang ditanam tanpa menggunakan media tanah.

Untuk cara membuat ramuan POC silakan anda dapat membaca secara lengkap artikel berikut ini: Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair POC yang Baik dan Benar.

Setelah anda berhasil membuat ramuan POC sesuai langkah-langkah yang telah diberikan pada link di atas, maka selanjutnya anda harus tau menahu tentang tatacara penggunaan POC khusus tanaman mentimun adalah sebagai berikut:

  • Masukan larutan POC yang telah dibuat ke dalam wadah semprot (splayer);
  • Kemudian semprotkan pada bagian akar, batang, atau daun tanaman. Untuk pemberian POC pada akar tanaman mentimun sebaiknya tidak perlu disemprotkan, disiram langsung saja ke bagian akar hingga larutan POC terserap oleh tanah di sekitar tempat menempelnya akar.
  • Kebutuhan larutan POC untuk 1 x 1 meter lahan adalah 3 Liter;
  • Sebaiknya lakukan penyemprotan POC pada waktu sore hari sekitar pukul 15.00pm/jam 3 sore.
Setelah anda mengikuti langkah-langkah di atas semoga bermanfaat. Selamat mencoba, semoga berhasil. Salam budidaya menanam, ayo berkebun, ayo menanam. Jangan lupa baca juga: Cara Budidaya Mentimun Organik Agar Cepat Berbuah Lebat

Artikel Terpopuler

Pupuk Organik Cair: Ramuan Agar Timun Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

December 1, 2015 at 10:57 PM Delete

Memang akan lebih bagus mengunakan pupuk organik daripada menggunakan pupuk kimia mas, selain akan tetap menjaga kondisi tanah hasil dari tanaman juga sehat untuk dikonsumsi.

Reply
avatar
December 2, 2015 at 6:33 AM Delete

Benar sekali mas ISrofi. Pupuk organik memang jauh lebih baik sebagai nutrisi hara bagi tanaman, karena memiliki keuntungan-keuntungan tersendiri seperti dapat dijadikan sebagai alternatif jenis pupuk yang ramah terhadap lingkungan sekitar dan buah/sayur mayur hasil panen pertanian organik jauh lebih menyehatkan organ-organ tubuh manusia maupun hewan lainnya. Pupuk Organik Cair (POC) bisa digunakan sebagai sarana untuk membuat buah menjadi lebih lebat dan tanaman tumbuh secara wajar dan aman.

Reply
avatar