Foto Hasil Panen Buah Semangka Di Lahan Persawahan (Buahnya Lebat dan Super Besar)

Buah semangka sangat enak sekali untuk dikonsumsi, karena banyak mengandung komposisi serat yang baik untuk membantu dalam melancarkan saluran cerna, sebagai buah untuk diet, pembersih muka alamiah, serta mampu menangkal radikal bebas di udara. Hal ini sangat berdasar sebab pada buah semangka banyak mengandung air 80%, gula buah (fruktosa), vitamin B kompleks, vitamin A, Vitamin C, DHA, dan beberapa komponen selulosa yang sangat baik dalam membantu melancarkan buang air besar.

Semangka dapat dibudidaya di berbagai jenis lahan, mulai lahan persawahan, perkebunan, ladang, atau daerah berdataran rendah maupun di dataran tinggi. Meskipun begitu, pembudidaya semangka sangat dianjurkan di lahan persawahan atau istilahnya di daerah dataran rendah.

Produksi buah semangka dalam setiap hektar lahan cukup bagus, yakni dapat mencapai puluhan ton buah semangka dalam satu kali panen. Karena buah semangka biasanya dipanen hanya dalam satu kali saja, maka pembudidayaan tanaman semangka harus dilakukan secara serius supaya menghasilkan buah semangka yang lebat dan menguntungkan.

Beberapa cara untuk menanam (budidaya) buah semangka, sebaiknya anda dapat membacanya secara lengkap pada tutorial/panduan lengkap cara budidaya buah semangka mulai dari tahap pemilihan bibit yang berkualitas, tahap pengolahan lahan, penanaman, perawatan tanaman, hingga kepada proses kegiatan panen dan pasca panen. Silakan baca artikel lengkap: Prosedur Menanam Buah Semangka di Lahan Persawahan Yang Baik dan Benar.

Adapun untuk foto-foto hasil panen buah semangka dapat anda tengok pada screen shoot di bawah ini. Semoga bermanfaat dan menggugah semangat rekan-rekan petani semuanya untuk memulai usaha budidaya semangka di lahan pertanian miliknya.

Foto Panen Semangka 1:



Buah Semangka Super Besar varietas inul dan Nasa
Buah Semangka Super Besar varietas inul dan Nasa. Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Foto Panen Semangka 2:


Buah Semangka Selesai Dipanen
Buah Semangka Selesai Dipanen, Foto Oleh: Wahid Priyono

Foto Semangka Baru Saja Dipanen Dari Pohonnya (3):


Semangka Dikumpulkan Setelah Dipetik
Semangka Dikumpulkan Setelah Dipetik, Foto Asli oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)



Foto 4 Semangka Diangkut Menggunakan Mobil Truk:


Semangka Diangkut Dalam Truk Untuk Dijual Dipasaran
Semangka Diangkut Dalam Truk Untuk Dijual Dipasaran, Foto: Wahid Priyono


Foto 5, Hasil Panen Buah Semangka:

Semangka Dalam Kotak Box Khusus Penampungan Buah
Semangka Dalam Kotak Box Khusus Penampungan Buah, Foto original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Demikian itulah tadi penjelasan tentang tatacara budidaya buah semangka hingga disajikan pula gambar/foto-foto dari kegiatan panen, pengangkutan hasil panen semangka, hingga ke proses pengemasan yang diberi jerami padi kering. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya. Salam budidaya pertanian, ayo menanam.

Artikel Terpopuler

Foto Hasil Panen Buah Semangka Di Lahan Persawahan (Buahnya Lebat dan Super Besar)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar