Solusi Mengatasi Daun Cabe Layu Seperti Terbakar (Leaf Scald)

Beberapa hari lalu saya mendapatkan email dari salah satu pembaca setia blog Guruilmuan, yaitu dari bapak Marlo Chupu, bahwa pada tanaman cabe miliknya mengalami permasalahan dimana pada pucuk daunnya mengalami kelayuan seperti terbakar. Berikut ini screen shoot dari isi email kiriman bapak Marlo beserta photo tanaman yang mengalami gejala tersebut:

Pucuk daun layu seperti terbakar, Screenshoot dari gmail.com


Dan pada kesempatan kali ini, saya baru bisa membalasnya dan sekaligus saya tulis langsung di blog agar bisa dibaca juga oleh teman-teman petani lainnya.

Untuk solusi mengatasi permasalahan dari pucuk daun yang mengalami layu seperti terbakar, biasanya saya dan petani/pekebun lainnya melakukan kegiatan seperti berikut ini, yakni:

  • Kurangi pupuk yang banyak mengandung unsur hara Nitrogen (N), dan lebih perbanyak dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur Kalium (K), Zn (seng), dan Kalsium (Ca); Saat budidaya cabe, saya sarankan buatkan larutan pupuk phonska cair untuk tanaman cabai
  • Karena biasanya dampak dari pucuk daun layu seperti terbakar bisa disebabkan oleh hama, maka bisa coba gunakan fungisida merek Kocide atau Dhitane;
  • Cara alami: bisa memotong bagian tunas yang terserang hama tersebut. Gunakan gunting/curter yang steril untuk memotongnya yakni dengan cara rendam gunting/curter pada air panas selama 3 menit, lalu bisa digunakan untuk memotong. Setelah pemotongan, pada ujung batang yang telah dipotong diolesi dengan kunyit yang dihaluskan secukupnya sampai merata, lalu terakhir tutup pada bagian ujung batang/tunas daun yang sudah dipotong menggunakan plastik lalu ikat. Jika gangguan sudah tidak muncul, maka plastik bisa dilepas. Dengan begitu semoga hama dan juga organ tanaman cabe lainnya tidak terpengaruh dengan kelayuan.
Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda, selamat mencoba semoga berhasil. Silakan baca juga: 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terpopuler

Solusi Mengatasi Daun Cabe Layu Seperti Terbakar (Leaf Scald)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar