Cara Menyemai Bibit Cabe Berkualitas Tinggi (High Quality) dan Terjamin Ampuh Menghasilkan Buah Lebat

Untuk mendapatkan hasil semai bibit yang bagus dan berkualitas tinggi (high quality), maka seorang petani cabe harus memiliki startegi jitu dan strategi yang akan saya bagikan adalah berdasarkan dari cara yang saya peroleh dari hasil diskusi dan sharing dengan petani cabe profesional.

Dalam penyemaian cabe, setiap petani pasti pernah mencoba berbagai macam cara/teknik, dan memang setiap petani ada yang merahasiakan bagaimana cara yang baik untuk menyemai bibit cabe hingga unggul dan saat tanaman cabe dewasa tumbuh akan subur serta mampu menghasilkan buah lebat.

Penyemaian Cabe Sistem Steril-Pro Dihasilkan Tanaman Serentak
Penyemaian Cabe Sistem Steril-Pro Dihasilkan Tanaman Serentak. Photo Kontributor: KPCI.

Agar tanaman cabe subur, terbebas dari penyakit patogen, serta mampu menghasilkan buah yang banyak (lebat), maka anda bisa mencoba beberapa teknik semai cabe yang pernah saya tulis dan praktekan di kebun cabe yang saya miliki.

1. Gunakan Teknik Semai Cabe Steril-Pro

Teknik/cara menyemai cabe steril pro memang wajib anda coba, sebab dengan memakai teknik ini dalam menyemai cabe maka saya akan menjamin hasil tanam anda akan semakin berkualitas tinggi. Dari segi kuantitas juga tidak menimbulkan banyak kematian pada tanaman saat dipindahkan di lahan terbuka (lahan penanaman; seperti kebun/lahan persawahan, pegunungan, perbukitan).

Teknik semai cabe steril pro sangat mudah dipraktekan, sebab tidak terlalu banyak membutuhkan ruang dan terbukti ampuh cepat menghasilkan tanaman bibit secara serentak dengan tinggi dan laju pertumbuhan yang sama. Sebagai panduan/tutorial lengkapnya, silakan anda membacanya pada artikel berikut, klik: Cara Semai Cabe "Steril-Pro", Dihasilkan Tanaman Serentak.

2. Gunakan Teknik/Cara Menyemai Cabe Sistem Polybag

Teknik semai cabe sistem polybag juga tidak kalah bagusnya dengan teknik steril pro. Sistem polybag ini bertujuan untuk menyemai bibit cabe dalam wadah polybag dengan beberapa hari perawatan. Hasilnya memang sangat bagus dan tak diragukan lagi.

Saya juga merekomendasikan anda untuk mencoba teknik ini, sebab masih jarang petani yang mencoba menggunakan teknik ini secara konsisten. Sebagai panduan atau tutorialnya, silakan baca: Teknik Pembibitan+Penyemaian Cabe Sistem Polybag.

3. Gunakan Cara Semai Cabe Soil-Block

Teknik penyemaian cabe sistem soil-block (sistem gelintir) telah diperkenalkan oleh salah satu member/anggota yang ada di KPCI (Komunitas Petani Cabe Indonesia). Dan dari teknik tersebut memang sangat bagus untuk dicoba, sebab dari kebanyakan petani melaporkan bahwa hasil semai cabe dengan teknik gelintir (soil-block) sangat bagus dan mampu menghasilkan buah sangat lebat. Baca tutorialnya: Cara Semai Cabe Sistem Gelintir (Soil Block).

Harga murah, teknik praktis yang ditawarkan oleh ketiga teknik di atas wajib anda coba dan semoga berhasil.

Dari ketiga teknik semai cabe di atas, pastinya masing-masing teknik/cara mempunyai sisi keuntungan dan kelemahan masing-masing. Namun, belum dikatakan petani yang berwawasan luas jika belum pernah mencobanya.

Maka dari itu, saya sebagai penulis sangat antusias dengan petani di daerah yang sudah mencoba ketiga teknik semai cabe di atas. Jika anda sebagai petani cabe belum pernah mencobanya, maka mari dicoba dan semoga bisa memberikan perubahan signifikan dalam budidaya cabe anda di musim kali ini.

Semoga tulisan tentang cara penyemaian bibit cabe berkualitas tinggi (high quality) dan terjamin ampuh bisa membantu anda yang mungkin sedang ingin menanam cabe di lahan perkebunan yang anda miliki. Jangan lupa baca juga artikel berikut, klik: 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terbaru

Cara Menyemai Bibit Cabe Berkualitas Tinggi (High Quality) dan Terjamin Ampuh Menghasilkan Buah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar