Cara Menanam Cabe yang Subur, Sehat, dan Mampu Menghasilkan Buah Lebat

Menurut saya, untuk menaman cabe agar pertumbuhannya cepat, serta diikuti dengan kondisi fisik tanaman yang subur, sehat, dan mampu menghasilkan buah lebat adalah hal yang memang cukup mudah, asalkan ada kemauan untuk melaksanakannya.

Agar tanaman cabe tumbuh sebat, kuat, dan mampu menghasilkan buah banyak ada beberapa tips khusus yang bisa anda terapkan, diantaranya adalah pendangiran & penyiangan, pemupukan, dan penyiraman. Ketiga bagian perawatan tanaman tersebut sangat penting dan menjadi faktor kunci dalam budidaya cabe. Mari kita bahas satu persatu.

Tanaman Cabe Mulai Berbunga dan Tumbuh Sehat, Subur
Tanaman Cabe Mulai Berbunga dan Tumbuh Sehat, Subur. Photo Kontibutor by: Boz Muda/FB/KPCI.

Faktor kunci pertama yaitu kegiatan pendangiran dan penyiangan. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan lingkungan/lahan tanam cabe. Penyiangan bertujuan untuk memastikan bahwa lahan tanam tetap bersih dari gulma/rumput liar. Jika tidak dibersihkan, maka gulma akan menjadi inang/tempat tinggal para hama dan penyakit, sehingga bisa menjadi vektor penyebarannya. Oleh karena itu, pastikan bahwa lahan tanam cabe anda terbebas dari gulma dengan cara dikoret/dilakukan penyiangan secara berkala. Sembari melakukan penyiangan, bisa langsung diikuti dengan pendangiran. Pendangiran adalah kegiatan melakukan penggembuaran lahan tanam cabe agar tumbuh lebih optimal, sehat, dan mampu menghasilkan buah banyak, lebat.

Faktor kunci kedua adalah melakukan penyiraman pada tanaman cabe. Faktor penyiraman ini begitu penting untuk menjaga agar tanah bedengan tetap terjaga ketercukupan airnya. Selain itu, penyiraman juga bertujuan untuk mengefesiensikan proses metabolisme dalam tubuh tanaman cabe, melancarkan proses fotosintesis tanaman, dan juga menjaga tanaman cabe dari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Penyiraman harus dijadwalkan secara benar, baik itu pada tanaman cabe yang sedang disemai atau yang sudah berumur cukup dewasa, selengkapnya, silakan baca juga: Cara Penyiraman Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.

Faktor kunci puncak/ketiga yaitu pemupukan, dan sebaiknya pupuk yang saya anjurkan untuk membuat agar tanaman cabe tumbuh dan berkembang lebih optimal yaitu menggunakan pupuk larutan phonska cair. Untuk membuatnya, silakan ikuti tutorial/panduan berikut ini, klik: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat.

Sebagai panduan lainnya, untuk manambah wawasan/pengetahuan anda, silakan baca artikel berikut ini: Agar Pohon Cabai Tumbuh Cepat dan Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Cara Menanam Cabe yang Subur, Sehat, dan Mampu Menghasilkan Buah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar