Cara Agar Pohon Cabe Tumbuh Tegak dan Tidak Tegak

Memposisikan tanaman cabe untuk tumbuh secara sempurna adalah hal yang sangat penting. Hal ini akan memberi dampak kepada hasil tumbuh tanaman lebih maksimal.

Beberapa petani di berbagai daerah di Indonesia telah melakukan pembudidayaan cabe dengan menggunakan mulsa dan tiang ajir. Mengingat banyak sekali manfaat dari tiang ajir dan mulsa dalam mendukung pertanian cabe untuk hasil panen melimpah.

Tanaman Cabe Merah Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Merah Berbuah Lebat. Photo by: Wahid Priyono (Guruilmuan.blogspot.co.id).

Tiang ajir digunakan sebagai penopang tanaman cabe agar tumbuh tegak lurus menghadap ke arah langit. Tiang ajir juga berguna untuk mencagak/membuat tanaman cabe lebih kokoh, tidak mudah rebah jika tertiup angin atau karena koyakan air hujan dengan intensitas tinggi. Artikel terbaru: Pupuk Perangsang Buah Cabai Rawit agar Berbuah Lebat.

Namun, jika anda menginginkan tanaman cabe tumbuh tidak tegak, maka anda tidak perlu menggunakan tiang ajir sebagai pencagak tanaman. Dengan begitu tanaman akan tumbuh sesuai arah yang diinginkannya.

Namun, memang kenyataan di lapangan juga masih terdapat para petani yang menanam cabe tanpa menggunakan mulsa maupun tiang ajir, hal ini mungkin menjadi kendala petani akan harga mulsa yang relatif tidak murah. Silakan baca juga: 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terpopuler

Cara Agar Pohon Cabe Tumbuh Tegak dan Tidak Tegak
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar