Apakah Tahi Ayam Baik untuk Pupuk Tanaman ?

Pupuk merupakan sumber nutrisi bagi tanaman budidaya. Jika tanaman diberi pupuk maka peluang tanaman untuk tumbuh subur akan semakin terlihat.

Pupuk terdiri dari dua macam, ada pupuk organik dan pupuk anorganik. Salah satu contoh dari pupuk organik yang paling sering dipakai petani adalah pupuk kandang. Pupuk kandang adalah jenis pupuk yang bisa berasal dari sisa-sisa kotoran hewan ternak, sehingga pupuk ini memang sangat baik.

kacang tunggak
Tanaman Kacang Tunggak Tumbuh Subur dan Sehat Karena Pemupukan yang Tepat dan Terencana, Photo by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan Indonesia).

Berbicara tentang pupuk kotoran ternak dari tahi ayam yang telah dikeringkan memang sangat bagus untuk meningkatkan laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya.

Di dalam pupuk tahi ayam terkandung komposisi unsur hara penting yang dibutuhkan oleh tanaman pangan, tanaman buah dan sayur mayur, meliputi: Unsur Nitrogen (N), unsur Phosfot (P), dan unsur Kalium (K). Selain itu terdapat juga kandungan Calcium (Ca), Magnesium (Mg), dan  Molibdenum yang penting juga dalam sistem imunitas bagi kesehatan tanaman budidaya.

Mengapa anda harus pilih pupuk organik dari tahi ayam? karena memang pupuk tersebut paling sering dipakai oleh petani dan memang dari segi kualitas unsur hara yang terkandung paling kompleks dan mampu menekan tanaman untuk tumbuh secara optimal.

Semoga informasi di atas berguna untuk anda, silakan baca juga: Cara Merawat Cabe Umur 1, 2, 3, dan 4 Bulan yang Baik dan Benar.

Artikel Terbaru

Apakah Tahi Ayam Baik untuk Pupuk Tanaman ?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar