4 Cara Menyuburkan Tanah yang Tandus dan Gersang

Tanah merupakan media yang sering digunakan oleh para petani untuk menanam berbagai jenis tanaman budidaya. Namun demikian, ada juga pertanian yang sifatnya tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, jadi media yang biasanya digunakan adalah larutan tertentu seperti halnya dalam pertanian hidroponik, aquaponik, dan lain sebagainya.

Di dalam tanah terdapat banyak unsur hara penting yang harus dijaga, sehingga dapat bermanfaat bagi tumbuhan yang hidup di sekitarnya. Terkadang tanah yang tandus, gersang malahan bisa menyebabkan tanah menjadi tidak terurus, unsur hara tanah semakin menipis karena potensi tanah tidak digunakan semaksimal mungkin. Oleh karena itulah, jika lahan di sekitar tempat tinggal anda gersang/tandus, maka lebih baik segera dioptimalkan untuk ditanami berbagai macam jenis sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman tomat, sawi, dan atau lain sebagainya.

Cabe Merah Keriting Berbuah Lebat di Lahan Gembur
Cabe Merah Keriting Berbuah Lebat di Lahan Gembur. Photo Original by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan Indonesia).

Ada cara yang paling bagus untuk menyuburkan tanah, hal ini menyangkut untuk jenis tanah gersang dan tandus, yakni dengan pertama-tama menggemburkan tanah yang tandus tersebut hingga halus, kemudian dapat dicoba untuk jangka waktu 9 bulan ke atas pertama-tama ditanami ketela pohon (singkong), baru setelahnya ditanami berbagai macam jenis tanaman sayur dan buah. Atau jika anda memang tidak sabar, bisa langsung menanamnya dengan berbagai macam jenis tanaman sayur, buah, atau tanaman hortikultura lainnya.

1. Penanaman Palawija

Penanaman palawija juga sangat bagus, terutama menanam tanaman dari suku kacang-kacangan atau polong-polongan (kacang tanah, kacang kapri, kacang tunggak, kacang panjang, dan seterusnya), karena bintil akar tanaman-tanaman kacang-kacangan terdapat bakteri Rhizobium leguminosarum yang dapat memfiksasi Nitrogen (N) bebas di udara. Baca juga: 8 Manfaat Bakteri Rhizobium leguminosarum dalam Bidang Pertanian.

Bakteri Rhizobium leguminosarum memang terbukti dapat membantu dalam menyuburkan tanah pertanian, sehingga tanah yang semula tandus/gersang bisa disuburkan kembali. Bakteri ini banyak terdapat pada bintil akar tanaman suku kacang-kacangan, seperti buncis, koro, kecipir, kacang tanah, kacang merah, kacang kapri, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, menanam tanaman dari suku kacang-kacangan sangat penting.

2. Campurkan Tanah dengan Pupuk Organik

Selain itu, jangan lupakan juga pemberian pupuk organik dari kotoran ternak setiap awal tanam. Hal ini bisa dilakukan misalnya pada saat pengolahan lahan, dan anda bisa menambahkan/menyampurkan tanah di lahan tersebut dengan pupuk kandang supaya hasil tanamnya lebih optimal. Pemberian pupuk kandang terbukti mampu menyumbangkan kandungan Nitrogen (unsur N) di dalam tanah, termasuk juga unsur Magnesium (Mg), Kalium (K), dan Kalsium (Ca) yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

3. Lakukan Sistem Pertanian Bergilir (Rotasi Tanam)

Sistem Pertanian Bergilir (SPB) atau biasanya disebut sebagai "rotasi tanam" memang terbukti ampuh dalam membantu meregenerasi tanah yang tandus dan gersang. SPB maksudnya adalah menanam berbagai macam jenis tanaman secara berkala, sehingga tingkat kesuburan tanah tetap terjaga. Sebagai contoh, pada triwulan pertama menanam kacang tanah, maka bulan-bulan selanjutnya menanam jagung, ketela pohon, dan tanaman palawija lainnya.

4. Lakukan Kegiatan Intensifikasi, Ekstensifikasi, dan Diversifikasi Pertanian

Melakukan teknik intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian juga terbukti dapat membuat tanah semakin subur, karena dalam pemanfaatan lahan pertanian tetap memperhatikan keramahan terhadap lingkungan, termasuk peninjauan dalam penggunaan pestisida, pupuk-pupuk anorganik berlebih.

Semoga informasi di atas dapat berguna untuk anda yang membacanya. Sebagai tambahan referensi, jangan lupa baca juga artikel terkait: Penjelasan Tentang Intensifikasi, Ekstensifikasi, dan Diversifikasi Pertanian Modern.

Artikel Terbaru

4 Cara Menyuburkan Tanah yang Tandus dan Gersang
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar