3 Cara Tanam Cabe Biar Subur dan Buahnya Banyak

Memperoleh hasil panen cabe yang banyak tentu saja menjadi idaman semua para petani di Indonesia. Termasuk saya juga yang pernah membudidaya cabe di lahan persawahan, memang cukup senang jika jerih payah selama menanam dan merawat cabe terbayarkan dengan hasil (buah) cabe saat dipanen dengan hasilnya melimpah. Sungguh suatu penghargaan bahwa hasil yang diperoleh tidak pernah mengkhianati proses.

Tanaman Cabe Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Berbuah Lebat. Photo taken by: Muslehudin, Uploading: Wahid Priyono (Guruilmuan).


Untuk mendapatkan hasil panen optimal, maka sebisa mungkin tanaman cabe harus dalam kondisi subur. Kesuburan tanaman cabe dapat diamati dari beberapa indikator penting seperti; daunnya lebat diiringi buah lebat, batang dan akarnya kokoh, bunga-bunganya tumbuh lebat.

Adapun cara menanam cabe biar subur dan berbuah banyak dapat dilakukan dengan cara:

  • Pemupukan, merupakan hal yang sangat penting dalam budidaya cabe. Pemupukan bertujuan untuk menambahkan nutrisi (unsur hara) ke dalam tanah, sehingga penyerapan unsur hara akan dilakukan oleh rambut-rambut akar secara difusi. Pemupukan sebaiknya disesuaikan juga dengan umur tanaman, dengan memperhatikan dosis per umur tanaman akan memperkecil angka kegagalan panen. Sebagai panduan, silakan baca: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe.
  • Penyiraman, merupakan faktor paling penting untuk menjaga agar tanaman cabe tidak mengalami krisis air (dehidrasi). Sama halnya dengan pemupukan, faktor penyiraman juga bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah; Selengkapnya baca: Cara Penyiraman Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.
  • Pastikan bahwa lahan tanaman cabe tidak terdapat banyak gulma di sekitar lokasi penanaman. Usahakan lahan tanam bersih dari gulma/rumput liar, karena gulma merupakan tempat paling bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan larva hama;
Itulah tadi beberapa perawatan tanaman cabe agar hasilnya lebih optimal. Silakan baca juga: 5 Teknik Perawatan Cabe, Panen 60 Kali Lipat.


Artikel Terbaru

3 Cara Tanam Cabe Biar Subur dan Buahnya Banyak
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar