Hormon Rhizokalin dan Pupuk Agar Akar Tanaman Menjadi Kuat

Beberapa jenis hormon pertumbuhan (fitohormon) sangat dibutuhkan bagi tanaman untuk melangsungkan proses fisiologisnya, sehingga kehidupan tanaman akan semakin membaik (produktif).

Ada salah satu jenis hormon pada tumbuhan (fitohormon) yang berperan penting dalam proses pembentukan akar primer maupun akar sekunder pada tanaman, yaitu jenis hormon RHIZOKALIN.

Hormon rhizokalin juga berperan penting untuk memperkuat akar tanaman agar tanaman tetap tegak dan tidak mudah roboh jika terhempas angin kencang/intensitas hujan cukup tinggi.

Akar Tanaman Terong Menjadi Lebih Kuat Karena Pemberian POC Berbahan Dasar Air Cucian Beras
Akar Tanaman Terong Menjadi Lebih Kuat Karena Pemberian POC Berbahan Dasar Air Cucian Beras. Photo Original by: Wahid Priyono, S.Pd. (Guruilmuan).

Hormon rhizokalin dapat diperoleh secara mudah yaitu dari air bekas cucian beras yang merupakan bagian dari pupuk organik cair. Dalam air bekas cucian beras terdapat vitamin B (Tiamin) yang fungsinya sama dengan hormon Rhizokalin pada akar tanaman. Sehingga vitamin B ini sangat penting dalam menunjang kegiatan enzimatis di dalam sel tanaman, untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, serta untuk memperkuat akar tanaman. Selain itu, vitamin B pada air cucian beras juga terbukti dapat merangsang pembentukan bunga, tunas daun, dan juga buah.

Oleh karena itulah mengapa para petani strawberry organik biasanya mereka lebih memilih penggunaan pupuk kandang dan juga POC dari air cucian beras. Jika anda tertarik untuk membuktikan, silakan anda bisa menggunakan air cucian beras untuk menyirami tanaman budidaya di kebun anda. Selamat mempraktekan, semoga berhasil. Silakan baca dan klik juga artikel pertanian berikut ini: 3 Cara Memupuk Tanaman Sayur Mayur dan Buah Secara Baik dan Benar.

Artikel Terbaru

Hormon Rhizokalin dan Pupuk Agar Akar Tanaman Menjadi Kuat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar