Cara MEMBUAT BENIH MENTIMUN Dari Kebun Sendiri

Tidak selama sebagai seorang petani anda harus membeli bibit mentimun langsung ke toko bibit tanaman hortikultur buah maupun sayur mayur.

Bibit-bibit tersebut sebenarnya dapat diperoleh langsung dari pohon tanaman yang menghasilkan biji, atau bisa juga dilakukan pembibitan tanaman melalui perkembangbiakan secara vegetatif buatan maupun vegetatif alami. Vegetatif alami pada tanaman dapat melalui stek batang, menempel, menyambung, tunad adventif, rhizom, dan lain sebagainya.

Namun, pada pembahasan kali ini kita akan fokus membahas cara membuat benih mentimun dari kebun sendiri secara generatif (dari biji).

Jika anda sudah memiliki kebun mentimun sendiri, maka sebenarnya anda sudah bisa menyiapkan kira-kira dari sekian banyak buah mentiCiri-Ciri Buah Mentimun Yang Cocok Dijadikan Bibit Tanam Generatif.
Buah Mentimun Produktif Siap Dijadikan Bibit Tanam
Buah Mentimun Produktif Siap Dijadikan Bibit Tanam, Photo Original by: Wahid Priyono, S.Pd. (Guruilmuan Indonesia).
mun yang dihasilkan oleh tanaman mana yang akan dijadikan sebagai bibit produktif. Bibit produktif tentu saja berasal dari tanaman yang menghasilkan buah timun berkualitas tinggi, dan dari segi buah yang dihasilkan begitu sempurna. Sebagai referensi anda penting sekali membaca artikel berikut:

Jika anda telah mengetahui ciri-ciri/karakteristik buah mentimun yang siap dijadikan bibit generatif untuk ditanam pada periode berikutnya, maka sekarang anda harus bisa membuat benih mentimun langsung dari buah tua yang telah anda ambil dari kebun milik anda sendiri. Panduan lengkapnya, silakan baca pada artikel berikut ini: Cara Membuat Benih Mentimun Sendiri Dari Buah Yang Telah Masak.

Dua link artikel yang saya berikan di atas, jika dibaca secara ikhlas dan diterapkan, maka insya Allah anda akan mampu membuat bibit mentimun dari kebun sendiri, sehingga biaya produksi untuk mendapatkan bibit yang seharusnya anda beli di pasaran dapat ditekan, sehingga lebih hemat. Selamat mencoba semoga berhasil. Salam bertani dan menanam, hidup petani Indonesia ! Merdeka !, Artikel terkait klik: Cara Budidaya Mentimun Organik Agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terbaru

Cara MEMBUAT BENIH MENTIMUN Dari Kebun Sendiri
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar