Berkebun dan NGABUBURIT di Bulan Suci Ramadhan

Berkebun merupakan aktivitas fisik yang begitu menyenangkan, apalagi di bulan suci Ramadhan, maka aktivitas berkebun dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu, seperti dijadikan ajang ngabuburit sore hari selama seharian berpuasa.

Jika orang lain ngabuburit Ramadhan dengan stay di Mall/Plaza, Toko Buku, Obyek Wisata Kuliner, Taman Bermain, dan lainnya, maka mengisi serangkaian waktu luang selama bulan puasa sangat bagus jika diselingi dengan aktivitas berkebun, yakni menanam berbagai macam jenis tanaman buah maupun tanaman sayur mayur di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Berkebun Bayam Secara Organik di Halaman Rumah
Berkebun Bayam Secara Organik di Halaman Rumah, Photo Original Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Berkebun sekaligus ngabuburit dapat dilakukan di sore hari setidaknya setelah shalat ashar berlangsung. Caranya adalah dengan melakukan teknik penanaman sayur mayur skala rumah tangga, yang dilakukan di sekitara halaman rumah. Anda cukup membuatkan bedengan-bedengan sederhana dengan luas sesuai selera anda untuk menyemai benih sayur mayur, seperti benih sawi, benih tomat rampai, kangkung, dan lain sebagainya.

Setelah bedengan dibuat, langkah selanjutnya yakni menyemai benih yang telah dibuat, dan berikutnya adalah melakukan penyiraman, penanaman/pemindahan benih yang telah disemai ke lahan strategis sebagai tempat penanaman. Selain itu, jangan lupa sertakan juga perawatan tanaman lainnya. Tunggu hingga beberapa hari untuk mendapatkan hasil panen. Selamat mencoba, semoga ngabuburit sorenya bermanfaat. #AyoBerkebun. Jangan lupa baca juga: Keunggulan Tanam Cabai Pakai Mulsa.

Artikel Terpopuler

Berkebun dan NGABUBURIT di Bulan Suci Ramadhan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar