Cara Menanam Sayuran dan Buah Yang Cepat Menghasilkan

Melakukan penghijauan lahan di sekitar rumah atau kantor, dan lahan-lahan kosong di institusi dimana kita berkerja dan tinggal memang sangatlah penting dilakukan. Hal ini akan berdampak bagus bagi kelestarian lingkungan alam, terutama untuk menjaga keseimbangan ekosistem agar tetap terjaga dengan baik.

Reboisasi lahan perumahan dan institusi dapat dilakukan dengan cara melakukan penanaman beberapa tanaman sayur yang sangat populer ditanam semisal sawi, selada, kangkung, bayam, strawberry, dan lain sebagainya. Untuk masalah metode/teknik yang digunakan dalam penanamannya bisa menggunakan teknik vertikultur menggunakan paralon PVC, secara hidroponik, atau dengan cara manual membuat lahan bedengan-bedengan dengan ukuran tertentu, lalu lahan tersebut ditanami oleh berbagai jenis tanaman sayur mayur.

Sayuran Sawi Caisim Hidroponik Pada Paralon PVC
Sayuran Sawi Caisim Hidroponik Pada Paralon PVC, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Ada banyak cara untuk menanam sayuran supaya cepat menghasilkan. Namun, setiap metode/teknik yang digunakan tentu saja memiliki ongkos modal (biaya operasional) yang berbeda-beda. Hal tersebut juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kita, dan ketersediaan lahan yang ada. Sebagai contoh, misalnya anda tinggal di daerah perkotaan dengan lahan yang sangat sempit, maka pola penanaman tanaman sayur mayur dapat dilakukan dengan menggunakan teknik hidroponik, atau bisa menggunakan teknik vertikultur. Terutama teknik vertikultur dan hidroponik memang sangat digemari oleh masyarakat perkotaan dalam membudidaya berbagai jenis tanaman hortikultura buah maupun sayur mayur. Tomat merupakan salah satu buah yang bisa ditanam menggunakan teknik vertikultur dan hidroponik sekaligus. Baca juga: Cara Budidaya Sawi dengan Teknik Vertikultur Organik di Lahan Sempit.

Sementara jika anda tinggal di daerah pedesaan, maka teknik penanaman yang tepat dapat menggunakan cara menanam sayur dengan membuat lahan bedengan-bedengan yang dimodifikasi dengan ukuran tertentu, barulah setelah lahan tanam selesai diolah dan dibuatkan bedengan, maka langkah selanjutnya yakni menanam berbagai jenis sayur mayur di atas lahan bedengan. Dalam pembudidayaan tanaman sayur mayurnya, anda bisa melakukan penyemaian bibit, penanaman, perawatan tanaman, hingga kepada proses pemanenan hasil panen sayur mayur yang telah anda tanam. Kebanyakan orang di daerah pedesaan lebih memanfaatkan lahan di pekarangan rumah yang cukup luas dan area persawahan dijadikan lokasi yang tepat untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman buah, tanaman pangan, maupun tanaman hortikultura lainnya.

Perbedaan lokasi dan cara penanaman tanaman sayur antara masyarakat yang tinggal di desa dan diperkotaan tentu saja harus menjadi pertimbangan kita dalam memanfaatkan lahan yang tersedia untuk dijadikan area yang potensial untuk menghasilkan tanaman tertentu yang unggul dan potensial menghasilkan sesuatu hal yang bermanfaat.

Semoga informasi sederhana di atas berguna untuk anda. Salam budidaya pertanian, ayo baca juga: Contoh Tanaman Sawi Caisim Hidroponik

Artikel Terpopuler

Cara Menanam Sayuran dan Buah Yang Cepat Menghasilkan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar