Cara Membuat Bibit Mentimun Sendiri Dari Buah Yang Telah Masak

Sebagian besar petani mentimun mungkin mereka seringkali menggunakan bibit tanam yang diperoleh dari hasil buah masak yang telah dipanen sebelumnya. Biji-biji dari buah mentimun yang telah masak itu kemudian nantinya dikeringkan lalu dijadikan sebagai bibit/benih yang siap disemai.

Sebenarnya banyak sekali keuntungan ketika anda mencoba melakukan pembibitan biji mentimun yang diperoleh dari induk yang sama, sehingga pada generasi penanaman berikutnya tetap akan dihasilkan anakan (filial) yang sama dengan induk asalnya.

Selain daripada itu, pembuatan biji mentimun sendiri juga sangat praktis dan dapat meminimalisir pembiayaan (biaya produksi), sehingga tidak perlu repot-repot harus membeli benihnya di toko penjualan bibit pertanian.

Buah Mentimun Telah Masak dan Tua dari Pohonnya Langsung
Buah Mentimun Telah Masak dan Tua dari Pohonnya Langsung, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Membuat biji/bibit mentimun sendiri dapat dilakukan di ruang kerja anda, atau di rumah juga boleh dilakukan. Cara pembuatan benih mentimun yang dilakukan sendiri cukup mudah dan praktis dilakukan, caranya adalah sebagai berikut:
  • Menyiapkan buah mentimun yang telah masak. Biasanya buah mentimun yang telah masak berwarna kuning cerah, dan jika dipencet pada bagian buahnya akan empuk dan setelah buahnya maka nampak biji-biji yang berderet sangat banyak di antara daging buahnya;
  • Ketika buah mentimun masak tersebut telah dibelah, maka langkah berikutnya yaitu mengerok biji-biji mentimun tersebut, kemudian biji-bijinya dimasukkan ke dalam ember berisi air;
  • Biji-biji tersebut kemudian dibersihkan dari lendir-lendir yang sebelumnya telah menyelimuti bijinya, dan biarkan selama 1 malam;
  • Langkah berikutnya adalah mengayak biji mentimun yang telah dikerok tersebut pada air mengalir hingga selaput lendir yang menyelubunginya hilang, sehingga anda juga harus memastikan bahwa biji mentimun telah bersih;
  • Untuk mempermudah pengelupasan selaput lendir pada biji, campurkan abu sekam padi halus yang telah dibakar dengan cara mencampurkan pada biji yang direndam di baskom/ember tersebut;
  • Pada saat proses pengayakan biji, lakukan juga aktivitas sortasi biji, pastikan hanya biji mentimun yang tenggelam di dalam airlah yang diambil. Sementara itu, biji yang mengapung dan melayang di air itu justru tidak bagus untuk dijadikan cikal bakal biji, sebab dikhawatirkan akan tidak akan tumbuh pada saat disemai di lahan pertanian/perkebunan horticulture;
  • Biji yang sudah diayak dan disortasi, kemudian dikeringkan selama 2 - 3 hari pada intensitas cahaya matahari sedang; 
  • Setelah biji mentimun dikeringkan, lalu masukan biji mentimun yang kering tersebut ke dalam wadah botol kaca dan tutup botol tersebut dengan gabus yang terdapat pori-porinya.
Jika penyimpanan dilakukan tempat yang baik, maka biji dapat bertahan hingga satu tahun dalam penyimpanan. Sebelum penanaman biji di lahan terbuka (bedengan), maka sebaiknya simpanlah biji terlebih 2 - 3 bulan untuk menghilangkan masa dormansi bijinya (baca: dormansi adalah masa istrihat biji sebelum berkecambah). 

Itulah tadi cara singkat dalam membuat biji timun sendiri. Semoga tutorial di atas dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Salam budidaya pertanian, simak juga artikel berikut, klik: Cara Memilih Benih Bibit Mentimun Dari Pohonnya Langsung.

Artikel Terbaru

Cara Membuat Bibit Mentimun Sendiri Dari Buah Yang Telah Masak
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

6 komentar

April 28, 2017 at 7:18 AM Delete

Hallo pak La Ode Handi,,,terimakasih pak sudah membaca artikel cara membuat bibit mentimun sendiri dari buah yang telah masak di pohon mentimun, semoga bermanfaat ya pak --salam kenal :)

Reply
avatar
January 1, 2019 at 7:18 PM Delete

Trimakasih pak sangat bermanfaat pertanyaan sy apa harus menunggu biji timun 2-3 bulan baru bisa di tanam.?

Reply
avatar
January 6, 2019 at 9:48 AM Delete

Tidak harus menunggu sampai 2/3 bulan pak. Cukup jika biji mentimun sudah kering, maka biji sudah mulai bisa disemai/ditanam di lahan bedengan. Terimakasih.

Reply
avatar
October 16, 2019 at 3:11 PM Delete

rimakasih info pak. sangat membantu

Reply
avatar
October 19, 2019 at 2:46 PM Delete

sama-sama pak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk teman-teman petani di Indonesia. Salam bertanam

Reply
avatar