Masa Panen KELENGKENG dari Pohonnya Langsung

Berkebun kelengkeng memiliki seni dan kesenangan tersendiri. Beberapa waktu lalu saya sempat ditawarkan untuk membeli bibit kelengkeng hasil dari cangkok batang, yakni dari salah seorang pedagang bibit kelengkeng. Meskipun saya tidak jadi membeli setidaknya saya bisa mendapatkan ilmu dari si tukang penjual bibit kelengkeng tersebut.

Dari hasil wawancara dan sharing dengan penjual bibit kelengkeng, mereka menyebutkan bahwa setiap varian bibit kelengkeng memiliki waktu siap panen menghasilkan buah, dengan frekuensi rata-rata pohon kelengkeng dapat berbuah sekitar umur di atas 2 tahun, dan itu juga tergantung dari perawatan tanaman, apakah dilakukan secara benar atau tidaknya.

Pohon kelengkeng hasil cangkok biasanya akan lebih unggul dan lebih banyak menghasilkan buah yang jauh lebih banyak, dibandingkan dengan cara generatif menggunakan biji, maka tanaman kelengkeng akan lebih lama tumbuh dan hal ini tentu saja tidak disarankan oleh pembibit kelengkeng.

Pohon Kelengkeng Bangkok Mulai Berbuah
Pohon Kelengkeng Bangkok Mulai Berbuah, Photo Original by: Wahid Priyono (Admin Guruilmuan)

Berbicara tentang masa panen buah kelengkeng, maka setiap varietas kelengkeng berbeda-beda. Ada yang sejak berbunga hingga menghasilkan buah matang membutuhkan waktu setidaknya 2 bulan, bahkan ada yang sampai 3 dan 4 bulan. Seperti misalnya pada kelengkeng itoh yang memiliki masa panen sekitar 2 - 3 bulan, dengan menghasilkan 13 tandan atau lebih dalam tiap kali musimnya. Kelengkeng bangkok yang sering dibudidaya para petani kelengkeng juga menjadi primadona, karena masa panennya lebih cepat dan dihasilkan produktivitas panen lebih cepat. Seputar pembahasan tentang kelengkeng bangkok, silakan anda baca: 4 Jenis Pohon Kelengkeng Bangkok Unggul Untuk Bibit.

Jadi setiap varian pohon kelengkeng tentu saja mempunyai masa panen yang berbeda-beda. Dan saya sarankan jika anda ingin membeli bibit kelengkeng, pilihlah bibit yang memiliki masa panen lebih cepat, yakni dengan mendiskusikannya langsung dengan penjual bibit kelengkeng yang sudah memiliki pengalaman/rekam jejak baik.

Barangkali itu saja dulu informasi tentang masa panen setiap tanaman kelengkeng, yang tentunya hal tersebut dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih bibit kelengkeng yang unggul. Baca juga: Cara Memilih Bibit Cangkokan Kelengkeng Saat Membeli di Penjual Bibit.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. See you next time, bye-bye.

Artikel Terpopuler

Masa Panen KELENGKENG dari Pohonnya Langsung
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar