Iklim Tanaman Mentimun

Tanaman mentimun berasal dari kelompok sukus cucurbitaceae, dimana tanaman ini dapat tumbuh baik di lingkungan dataran rendah maupun di dataran tinggi.

Mentimun memiliki sulur yang merupakan ciri khas dari tanaman ini, sehingga banyak petani yang meletakkan sulurnya pada bagian tiang-tiang ajir/lenjeran.

Selama masa hidupnya, tanaman mentimun membutuhkan syarat tumbuh yang bagus sesuai dengan lingkungan dimana ia tumbuh, namun hal yang perlu diketahui oleh banyak petani yaitu kondisi iklim yang cocok untuk pertumbuhan tanaman mentimun tersebut.

Mentimun sangat tepat ditanam pada kondisi iklim tropis, seperti di Indonesia. Beberapa negara tetangga, seperti negara-negara di Asia Tenggara yang mayoritas beriklim tropis, pembudidayaan mentimun menjadi salah satu tanaman hortikulturan paling banyak ditanam.

Sebagai contoh, di negara Thailand (Bangkok), Vietnam, Kamboja, Laos, Malaisya, mentimun banyak ditanam di lahan-lahan hortikultura yang cukup mendapatkan perawatan baik dan juga kondisi cahaya matahari cukup sepanjang hari.

Sementara di negara Indonesia sendiri, pembudidayaan mentimun banyak dilakukan di lahan-lahan hortikultura, lahan persawahan, kebun, dan juga di daerah-daerah pegunungan, gunung, dan perbukitan dengan hasil panen yang cukup melimpah.


Buah Mentimun Organik di Kebun Hortikultura
Buah Mentimun Organik di Kebun Hortikultura, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Dengan iklim tropis inilah, pembudidayaan mentimun sangat cocok dilakukan di Indonesia. Sentra pembudidayaannya banyak tersebar di provinsi Lampung, Palembang, Bengkulu. Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Maluku, dan beberapa daerah lain di Indonesia bagian timur Indonesia.

Itulah tadi jenis iklim tropis yang paling cocok untuk budidaya mentimun. Jika anda sendiri sangat tertarik untuk membudidaya tanaman mentimun secara organik, anda dapat mengikuti panduan lengkapnya pada ulasan artikel berikut ini, klik: Cara Budidaya Mentimun Organik Agar Cepat Berbuah Lebat. Semoga informasinya bermanfaat untuk anda. Hidup petani Indonesia. Jayalah negeriku !

Artikel Terpopuler

Iklim Tanaman Mentimun
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar