Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Strawberry Secara Alami

Hama semut merah maupun semut hitam seringkali menjadi hama parasit pada berberapa jenis tanaman, tak terkecuali pada tanaman strawberry.

Tanaman strawberry tentu saja tetap menjadi primadona bagi semut-semut nakal untuk tetap aktif menggangu tanaman, terkadang juga semut hitam bersarang pada bagian media tanam tanah selama beberapa waktu tertentu.

Pohon strawberry yang masih masa pembenihan awal biasanya rentan terserang semut hitam maupun semut merah, sehingga semut-semut tersebut sering memakan dan bahkan merusak pada bagian organ batang tanaman sehingga menjadi patah, terkadang juga menyerang pada akar.

Pada beberapa tanaman seperti tanaman cabe yang baru saja disemai, biasanya juga semut-semut merah/hitam merusak struktur batang dan juga akar, dan batangnya menjadi patah-patah/rusak/lunglai.

Untuk mencegah dan menanggulangi hal tersebut, sebenarnya di internet dan buku-buku pertanian sudah pernah menjelaskan tentang bagaimana cara untuk mengusir semut yang menyerang tanaman hortikultura, bahkan ada petani yang merekomendasikan untuk menggunakan air sabun/deterjen yang disiramkan langsung pada media tanam (tanah) dimana tempat tanaman tumbuh.

Hal di atas tentu saja tidak dibenarkan, sebab pada sabun/deterjen terdapat senyawa kimia bahkan zat merkuri cair yang dapat menyebabkan pencemaran tanah, pencemaran air, dan juga pencemaran udara. Maka, sebaiknya gunakan saja cara-cara alami untuk mengusir semut yang menyerang pada tanaman tersebut.

Pohon Strawberry Tumbuh Subur Karena Perawatan Teratur
Pohon Strawberry Tumbuh Subur Karena Perawatan Teratur, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Membuat ramuan alamiah untuk mengusir semut pada tanaman strawberry dapat anda lakukan di rumah sendiri, dengan mengikuti kiat-kiat/langkah (cara-cara) berikut ini:

  • Siapkan 10 genggam daun kipahit (biasanya disapa masyarakat sebagai pohon Thitonia diversifolia);
  • Setelah disiapkan, lalu potonglah daun-daun kipahit tersebut tipis-tipis;
  • Kemudian setelah dipotong daunnya, lalu masukkan ke dalam air bersih sebanyak 3 Liter, dan aduk-aduklah secara merata hingga air dan dedaunan kipahit tercampur sempurana;
  • Selanjutnya simpan larutan campuran yang dibuat tadi ke dalam wadah tertutup rapat, atau dalam jerigen besar yang mampu menampung larutan sebanyak 3 Liter tadi. Ingat tutup rapat pada bagian tutup jerigennya;
  • Kemudian ferementasikan campuran larutan tersebut selama 7 hari (1 minggu), simpan pada tempat tertutup;
  • Setelah penyimpanan selama satu minggu, selanjutnya buka tutup jerigen dan tuangkan larutan tersebut ke dalam ember/wadah sejenisnya, kemudian saring larutan campuran hasil fermentasi tersebut dan ambil airnya saja;
  • Jadi air kipahit fermentasi inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengusir semut-semut nakal yang merugikan tanaman strawberry anda.
Sementara itu, untuk cara penggunaan dari larutan kipahit yang telah dibuat tersebut, dapat dilakukan dengan cara disiramkan langsung ke masing-masing media tanam strawberry dan ingat juga pada saat penyiraman sebaiknya kenakan juga pada bagian batang tanaman strawberry supaya semut-semut tersebut tidak mampu mengganggu bagian batang, akar, dan juga organ tumbuhan lainnya.

Dosisnya yaitu, untuk tiap-tiap tanaman disiram sebanyak 400 ml/setara dengan 2 gelas air, dan diberikan rutin selama 4 hari berturut-turut pada pagi dan sore menjelang malam hari (atau sekitar pukul. 19.00 WIB), dimana pada waktu tersebut biasanya semut-semut aktif berkoloni dengan anggotanya.

Demikianlah informasi yang dapat admin guruilmuan berikan, semoga tutorial cara mengusir semut pada tanaman strawberry di atas dapat bermanfaat untuk anda. Meskipun pengusiran semut dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obat pertanian/senyawa-senyawa kimia obat, tentu saja cara alami akan jauh lebih aman bagi tanaman strawberry yang telah susah payah kita budidaya.

Semoga berhasil untuk budidaya strawberry anda. Selamat mencoba dan mempraktekkan, semoga semut-semut nakal pada tanaman srawberry anda akan semakin tidak betah, sehingga membuat rumah lain selain di lingkungan tempat anda membudidayakan strawberry tersebut.

Jangan lupa klik dan tambah pengetahuan anda tentang: Menjawab Pertanyaan Pak Herryanto Soal Media Tanam Strawberry yang Tercemar Deterjen.

Artikel Terpopuler

Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Strawberry Secara Alami
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar