Rahasia Pupuk Agar Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Untuk menunjang dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman mangga yang produktif, memiliki organ tanaman yang sehat dan mampu memperoduksi buah yang banyak serta proses yang dilaluinya baik, maka proses pemupukan merupakan salah satu cara dalam perawatan pohon mangga.

Pemberian pupuk yang tepat sesuai dosis dan disesuaikan usia tanaman, maka tentu saja akan membuat tanaman akan semakin baik.

Pupuk yang dapat diberikan untuk tanaman mangga dapat berupa pupuk anorganik dan organik. Kedua jenis pupuk ini dapat membantu tanaman mangga selama hidupnya.

Saya akan memberikan rekomendasi beberapa jenis pupuk yang sangat terbukti ampuh dalam membuat tanaman mangga menjadi lebih subur, serta cepat berbunga dan untuk terus menghasilkan buah setiap kali musim buah berlangsung.

Pohon Mangga Menjadi Subur Karena Pupuk Kotoran Ayam
Pohon Mangga Menjadi Subur Karena Pupuk Kotoran Ayam, Foto Orisinal Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Berikut beberapa jenis pupuk agar mangga cepat berbuah lebat dan tentunya lebih menguntungkan, sebab buah yang dihasilkan akan lebih maksimal.

  • Pupuk organik dari kotoran ternak yang difermentasikan/dikeringkan juga terbukti ampuh dalam membuat tanaman mangga menjadi lebih subur. Pemberian pupuk kandang ini dapat dilakukan saat pertama kali tanam, atau dapat dilakukan setiap dua bulan sekali cuma hanya disebar/ditaburkan di atas pusat tanaman tumbuh. Dosis pemberiannya adalah dengan menaburkan 7-10 genggam pupuk kandang ke tiap-tiap tanaman. Berdasarkan pengalaman, sangat direkomendasikan fokus saja gunakan pupuk kandang dari kotoran ayam, karena pada pupuk ayam ini kaya akan unsur hara Nitrogen (N), Magnesium (Mg), Phospor (P); Dengan penggunaan pupuk kandang tersebut, sangat dijamin cita rasa buah juga akan semakin enak, daging buah akan semakin kenyal dan tebal, tentu akan lebih menguntungkan;
  • Pupuk NPK mutiara, pupuk ini terbukti sangat manjur untuk membuat tanaman hortikultura buah seperti mangga lekas menghasilkan buah, serta membuat organ tanaman lebih tumbuh cepat, produktif dan dapat membantu tanaman mendapatkan nutris hara Nitrogen (N) dan Phospor (P) dalam jumlah tinggi. Sebaiknya anda selalu menggunakan pupuk ini ketika membudidaya tanaman mangga baik yang berasal dari bibit biji, atau cangkok, dan cara perkembangbiakan sejenisnya. Pemberian pupuk ini dapat dimulai sejak tanaman berumur 1 bulan, dan dilakukan pemupukkan setiap 2 bulan sekali untuk tanaman mangga cangkok/biji. Dosisnya adalah 1 kg/tanaman; Pemberiannya dengan cara dibenamkan di dalam tanah, persis dekat dengan pusat tanaman tumbuh (dekat akarnya);
  • Pupuk Phonska; Pupuk ini sangat terbukti ampuh dalam mendongkrak hasil panen mangga cangkok agar lebih optimal. Gunakan pupuk ini saat tanaman telah berumur 3 bulan sejak tanam awal. Pemberian pupuk harus sesuai dosis yakni tiap tanaman diberikan 1 kg pupuk phonska. Pemberian pupuk ini dapat dilakukan selang-seling dengan pupuk NPK supaya hasilnya maksimal. Cara pemberian pupuk dengan membenamkannya di dalam tanah, dekat pusat akar tanaman tumbuh;
Itulah 3 jenis pupuk yang sering saya gunakan untuk menghasilkan pohon mangga yang subur dan menghasilkan buah mangga yang lebih banyak, serta lebih berproduksi dengan baik.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Salam budidaya pertanian, ayo menanam, ayo berkebun. Jangan lupa baca juga: Budidaya Mangga Dari Batang Cangkokan Agar Cepat Berbuah Lebat dan Menguntungkan Bagi Petani.

Artikel Terbaru

Rahasia Pupuk Agar Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

16 komentar

September 8, 2016 at 9:31 AM Delete

Mohon info pupuk untuk mangga yang cocok itu kandungan NPK nya masing masing berapa persen mas?

salam

Reply
avatar
September 9, 2016 at 4:21 AM Delete

Hallo mas Didiet Setia BP. Salam kenal untuk anda pak.
Saya izin menjawab: Untuk NPK berbeda-beda, sebaiknya kandungan NPK yang hendak diberikan kepada tanaman mangga adalah 48%, yang terdiri dari kandungan N=16%, P2O5=16%, dan K2O=16%. Semoga berguna. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya pak.

Reply
avatar
September 21, 2016 at 10:03 AM Delete

Oke pak Halla,,,terimakasih atas kunjungan anda. Salam kenal pak. Semoga artikel di atas berguna untuk anda pak...

Reply
avatar
January 25, 2017 at 9:19 PM Delete

Untuk tanaman umur 5 tahun berapa persen pemberian npk nya .trims pak

Reply
avatar
November 23, 2017 at 2:04 PM Delete

Untuk tanamananggis umur 3-5thn brp dosisnya pak....
Dan untuk yang molai ber buah brp dosis per ponon....trmksh

Reply
avatar
November 26, 2017 at 4:09 PM Delete

Saya punya pohon mangga depan rumah sudah lebat dan lebih dr 1 tahun sampe skrg belum berbuah. Gimana caranya ya?

Reply
avatar
November 26, 2017 at 4:09 PM Delete

Saya punya pohon mangga depan rumah sudah lebat dan lebih dr 1 tahun sampe skrg belum berbuah. Gimana caranya ya?

Reply
avatar
November 26, 2017 at 4:09 PM Delete

Saya punya pohon mangga depan rumah sudah lebat dan lebih dr 1 tahun sampe skrg belum berbuah. Gimana caranya ya?

Reply
avatar
December 3, 2017 at 11:43 AM Delete

Itu benar 1kg npk/phonska perbatang mangga?

Reply
avatar
December 8, 2017 at 9:01 AM Delete

Hallo pak Agtri Malsa. Salam kenal. Saran saya coba lakukan perempelan pada tanaman mangga yg bapak budidaya. Caranya adalah buang saja pak batang-batang di bagian yang paling bawahnya/dekat akar (2 - 3 batang). Insya Allah ke depannya berbuah.

Reply
avatar
December 8, 2017 at 9:03 AM Delete

Iya benar pak,,, 1 kg pupuk NPK phonska per tanaman mangga. Pengalaman saya seperti itu pak...

Reply
avatar
December 8, 2017 at 9:05 AM Delete

Saran saya untuk tanaman manggis umur 3-5 tahun cukup 0,5 kg saja pak. Untuk pohon manggis yang mulai berbuah tambahkan dosisnya jadi 0,7 s.d 1 kg/tanaman. Semoga membantu. Terimakasih dan salam kenal pak Murai.

Reply
avatar
March 25, 2018 at 12:08 PM Delete

Utk mangga umur 3 tahun berapa rekomendasi pupuk npk nya pak ?

Reply
avatar
March 27, 2018 at 1:02 PM Delete

Hallo pak lindo Loji. untuk mangga umur 3 tahun sebaiknya bisa 0,3 kg/tanaman pak (dengan diberikan mengelilingi tanaman/dibuat larikan). Itu pengalaman yang pernah saya lakukan pak. Semoga membantu. terimakasih.

Reply
avatar