Foto CABE JAWA Terbaik di Indonesia

Cabe jawa merupakan tanaman yang mirip seperti cabe, dan pertumbuhan akarnya menempel pada substrat yang ada pada tanaman lain. Sebagai contoh, pembudidayaan tanaman cabe jawa di daerah Lampung (Indonesia) dilakukan dengan cara merambatkan cabe jawa di pohon kelapa. Namun, telah terbukti ampuh bahwa tanaman cabai yang dirambatkan pada tanaman kelapa akan memiliki pohon yang subur dan cepat berbuah. Hal tersebut dapat terjadi karena pada batang pohon kelapa juga banyak terdapat substrat dan senyawa-senyawa organik dari liken (sejenis jamur kerak).

Pembudidayaan cabe jawa terbilang cukup mudah, yakni paling efektif dilakukan secara vegetatif menggunakan stek batang yakni dari batang tanaman induk yang produktif dan telah terbukti telah menghasilkan banyak buah untuk tiap kali panennya.

Buah cabe jawa berwarna hijau muda/tua jika masih muda, dan berwarna merah mudah/merah tua jika sudah tua di pohonnya. Sebaiknya buah dipanen dalam kondisi buah matang.

Cabe jawa digunakan oleh masyarakat untuk kepentingan pengobatan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), obat sakit gigi, diare berlendir, sakit maag, tipus, sebagai bahan untuk menambah vitalitas tubuh agar tetap bugar, penyembuhan luka, penyembuhan demam tifoid, penambah nafsu makan, dan lain sebagainya.

Melihat begitu banyak potensi tanaman obat di Indonesia, ternyata tak ada salahnya jika anda mencoba untuk membudidayanya baik skala besar-besaran atau untuk dijadikan tanaman apotek hidup di sekitar tempat tinggal anda.

Berikut ini beberapa foto cabe jawa terbaik di Indonesia yang telah banyak dibudidaya, dan mengesankan dunia pertanian.

Foto 1:

Cabai Jawa Menempel Pada Substrat Pohon Kelapa
Cabai Jawa Menempel Pada Substrat Pohon Kelapa, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Foto 2:

Tanaman Cabai Jawa Tumbuh Subur Pada Pohon Kelapa
Tanaman Cabai Jawa Tumbuh Subur Pada Pohon Kelapa, (Foto Original: Wahid Priyono)

Foto 3:

Morfologi Tanaman Cabe Jawa Sebagai Tanaman Herbal Alami
Morfologi Tanaman Cabe Jawa Sebagai Tanaman Herbal Alami, Foto: Wahid Priyono

Foto 4:

Foto Cabe Jawa Berbuah
Foto Cabe Jawa Berbuah, Foto Original by: Wahid Priyono

Itulah penjelasan tentang cabai jawa dan beberapa foto yang telah diberikan pada bagian di atas, semoga dapat menambah wawasan anda. Salam budidaya pertanian. Jangan lupa baca juga: Cara Budidaya Cabai Jawa Secara Vegetatif Agar Berbuah Lebat .

Artikel Terpopuler

Foto CABE JAWA Terbaik di Indonesia
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar