Cara Ampuh Membuat Pohon Cabe Berbuah Lebat

Kebiasaan yang tidak pernah saya tinggalkan saat membudidaya tanaman cabe adalah memberikan pupuk pada tanaman cabe yang tepat dan telah terbukti ampuh dalam membuat pohon cabe berbuah lebat.

Sebagian petani mungkin mempunyai trik berbeda dari saya, tapi kali ini saya akan mencoba cara yang pernah dibagikan oleh petani cabe profesional kepada saya terkait dengan bagaimana caranya supaya tanaman cabe berbuah banyak/lebat?

Sebenarnya susah-susah gampang untuk mewujudkan cita-cita bahwa tanaman cabe harus berbuah lebat, karena pada kenyataannya di lapangan, seringkali masih kita temui beberapa petani yang masih saja mengalami kegagalan panen cabe, atau memang pertumbuhan tanaman cabenya terhambat, sehingga akan berefek pada keberlangsungan tanaman untuk menghasilkan bunga dan buah.

Ada cara ampuh yang dapat anda praktekan dalam membudidaya tanaman cabe supaya hasil panennya gemilang, alias buahnya sangat banyak.

Berikut ini praktikum langsung yang dapat anda lakukan, dan cara-cara yang saya berikan ini tentu saja sudah pernah saya lakukan, dan memang hasilnya cukup mengejutkan, betapa tidak, karena saya merasa sangat senang karena tanaman cabe saya berbuah lebat sekali.

1. Gunakan Larutan Pupuk Phonska Cair

Barangkali sebagian rekan-rekan pemula, petani/pekebun dimanapun anda berada, belum tentu semuanya mengetahui resep/cara ampuh supaya tanaman cabai berbuah lebat. Jadi untuk membuat tanaman cabe berbuah banyak, tentu saja anda dapat menggunakan larutan pupuk phonska cair yang ditambahkan beberapa jenis pupuk lain di dalamnya.

Untuk cara pembuatan larutan pupuk phonska cair terbilang cukup mudah dan dapat langsung anda praktekkan di rumah. Cara pembuatannya anda dapat membaca dan mengikuti langkah berikut ini: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe.

Untuk jenis larutan pupuk phonska cair memang sangat mujarab sekali untuk mendongkrak hasil panen cabe dalam jumlah besar, karena tak semua petani berani untuk membocorkan dokumen petani cabe ini. Dan saya sendiri berani untuk melakukan hal ini demi kejayaan para petani nusantara.

Tanaman Cabe Merah Keriting Lado F1 Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Merah Keriting Lado F1 Berbuah Lebat, Foto Orisinal Oleh: Wahid Priyono

2. Lakukan Perempelan Pada Tanaman Cabe

Pada umur tanam tertentu tanaman cabai penting sekali dilakukan perempelan. Namun, kebanyakan petani/pekebun melakukan perempelan setidaknya umur tanaman 3 - 4 minggu sejak tanam pertama di lahan bedengan (setelah bibit dipindahkan dari wadah polybag/sejenisnya).

Perempelan ini merupakan kegiatan yang dilakukan petani/pekebun untuk memotong/memangkas beberapa tunas aksiler/tunas samping pada tanaman cabe.

Perempelan bertujuan untuk sesegera mungkin untuk merangsang tanaman cabe supaya lekas berbunga untuk selanjutnya menghasilkan buah yang banyak.

Cara perempelan untuk hampir semua jenis/varietas tanaman cabe adalah sama. Untuk bahan referensi terkait artikel perempelan apda tanaman cabe, silakan anda baca: Perempelan, Cara Mempercepat Waktu Panen Cabai Supaya Berbuah Lebat.

Itulah tadi dua langkah yang sering saya gunakan dalam kiat sukses membudidaya tanaman cabe supaya hasilnya lebih menguntungkan.

Cara di atas sangat diperbolehkan untuk anda coba sendiri di tempat anda membudidaya cabe, dan tentunya jangan lupa sampaikan komentar di bawah kolom ini jika anda telah berhasil. Karena mungkin saja banyak petani lain yang ada di tiap-tiap daerah di Indonesia yang membutuhkan informasi ini.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semuanya. Salam budidaya pertanian, ayo menanam.
Baca juga artikel menarik untuk menambah wawasan anda: 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terpopuler

Cara Ampuh Membuat Pohon Cabe Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

5 komentar

December 30, 2015 at 11:32 PM Delete

wah pengalaman yang bagus mas..saya jadi terinspirasi untuk menanam cabai..

Reply
avatar
December 31, 2015 at 3:27 AM Delete

Silakan mas Wahyu, semoga hasil budidaya cabenya mengagumkan, sebab sudah mengikuti cara/pengalaman saya di atas. Semoga bermanfaat. Ayo berkebun ^_^

Reply
avatar
October 21, 2017 at 11:29 AM Delete

Hallo pak Agus Soekmiyanto. Terimakasih pak sudah membaca artikel di blog saya ini, semoga bermanfaat dan salam kenal.

Reply
avatar