Cara Buat Pupuk Phonska Cair Untuk Pupuk Cabe Berbuah Lebat

Ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan tanaman cabe tumbuh subur, organ tanamannya berkembang secara baik, mempunyai bunga lebat, daun hijau sehat, serta buahnya lebat/banyak. Beberapa diantaranya adalah faktor penyinaran cahaya matahari yang cukup pada tanaman cabe (sepanjang hari sejak tanam awal), faktor arah bedengan yang dibuat, faktor penyiraman, pemberian pupuk organik maupun pupuk anorganik, pendangiran, penyiangan, pemberantasan hama dan penyakit sesuai dosis dan jenis hama/penyakit penyerangnya, serta tidak lupa melakukan perempelan pada tamaman cabe, dan juga pemberian mulsa dan tiang ajir.

Faktor-faktor yang telah disebutkan pada bagian di atas jangan sampai tidak terpenuhi pada tanaman cabe yang sedang anda budidaya, karena jika telat atau tanaman cabe tidak memperoleh perawatan tanaman yang baik dan benar, maka efek buruknya akan menjadikan tanaman sulit menghasilkan buah yang lebat.

Tanaman Cabe Rawit Jengki yang Saya Budidaya Berbuah Lebat. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Pada kali ini, admin guruilmuan akan membahas tentang jenis pupuk apa yang paling bagus untuk tanaman cabe? karena pertanyaan ini seringkali ditanya oleh para petani cabe, baik yang pemula maupun yang sudah master/profesional.

Salah satu jenis pupuk yang dipakai adalah larutan pupuk phonska cair yang dibuat sendiri di rumah/di kebun tempat anda bekerja. Dan jika anda tertarik untuk membuat larutan pupuk phonska cair, silakan anda ikuti tutorial/panduan praktis berikut, yakni: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabai Agar Berbuah Lebat.

Saya pernah melakukan aplikasi pemberian larutan pupuk phonska cair, dan alhamdulillah hasil panennya cukup memuaskan, sebab buah cabe yang dihasilkan berbuah lebat. Dan tentunya akan memberi pemasukan yang lebih dari segi finansial (keuangan).

Jika anda tertarik, maka silakan anda mencobanya, sebab sudah banyak petani cabe di berbagai daerah di Indonesia yang mencobanya. Sekarang giliran anda, selamat mencoba, semoga berhasil.

Artikel Terpopuler

Cara Buat Pupuk Phonska Cair Untuk Pupuk Cabe Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

April 22, 2017 at 10:03 PM Delete

Mau nanya mas,, membuat pupuk ponska cair dengan mencampurkan ponska,kcl,sp pupuk tsb apa memang susah larut y atau tidak larut semua dalam air,masihterdapat butiran butiran seperti pasir karna saya sudah mencoba hasilnya seperti itu

Reply
avatar
April 23, 2017 at 9:45 PM Delete

Hallo pak Iwan. Terimakasih atas pertanyaan anda tentang cara membuat larutan pupuk phonska cair.
JAWAB: Untuk melarutkannya satu per satu pak, misalnya pertama phonska, kedua baru KCl, selanjutnya pupuk SP. Jangan langsung semuanya pak, harus dijeda sampai benar-benar larut. Memang terkadang jika proses pelarutannya tidak tepat bisa meninggalkan butiran-butiran seperti pasir, namun itu tidak masalah pak. Silakan dicoba kembali pak, semoga praktek keduanya berhasil. Terimakasih.

Reply
avatar