Cara Mengetahui Buah Mangga Sudah Tua, Matang dan Siap Dipetik

Dalam membudidaya mangga, seorang petani harus mengetahui seluk-beluk bagaimana cara dalam membudidaya mangga, mulai dari tahap penyemaian benih, penanaman, perawatan, hingga pemetikan hasil panen secara tepat.

Selain itu, petani juga harus mengetahui buah mangga yang sudah matang dan siap dipetik. Karena kesalahan petik buah yang tidak ada tujuan pasti adalah sebuah kekeliruan yang harus segera diperbaiki. Sebab, terkadang jika buah mangga yang dipetik tidak matang/tua, biasa jadi ketika diperam akan matang tidak sempurna, dan tentu saja akan merugikan konsumen dan rasa buahnya kurang mantap.

Pohon Mangga Arumanis Berbuah Lebat
Pohon Mangga Arumanis Berbuah Lebat. Photo Kontributor: Rendi Susanto.

Adapun cara yang sering digunakan oleh para petani mangga yang telah membudidaya mangga bertahun-tahun, telah membeberkan tentang bagaimana cara mengambil buah mangga yang sudah tua dan matang siap petik (panen).

Cara/tekniknya adalah bisa dilakukan dengan berbagai alternatif, seperti mencium bau mangga. Mangga yang telah matang biasanya mempunyai aroma/bau yang khas, jika dipencet pada bagian buahnya maka akan terasa empuk/lunak. Serta buah mangga yang sudah tua biasanya memiliki kulit buah yang mengkilat, ukuran buahnya optimal, jika dipencet maka buahnya sudah padat dan cukup keras.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui buah mangga yang sudah tua dan siap dipanen/diunduh, yaitu dengan mencoba mengambil sampel satu atau dua mangga, kemudian pada bagian tangkai buahnya dipetik, jika tangkainya mengeluarkan getah berwarna putih dalam jumlah banyak maka bisa dipastikan buahnya belum tua. Akan tetapi sebaliknya, jika tangkai buahnya sudah sedikit atau hampir tidak mengeluarkan getah yang bercucuran, maka bisa dipastikan buahnya sudah tua dan siap matang di pohonnya.

Biasanya juga buah mangga telah tua dan siap dipanen mempunyai pada bagian kulit buahnya juga terdapat bercak abu-abu agak kekuningan, serta terlihat adanya seperti gambar aliran getah pada buahnya. Ini pertandanya bahwa buah siap dipanen secara berkala.

Setelah anda mengetahui ciri/karakteristik buah mangga (pelem) yang sudah matang dan siap dipetik, maka wawasan anda semoga bertambah. Terimakasih telah membaca artikel tentang cara mengetahui buah mangga sudah matang dan siap dipetik. Jangan lupa baca juga artikel berikut ini: Cara Budidaya Mangga dari Batang Cangkok agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Cara Mengetahui Buah Mangga Sudah Tua, Matang dan Siap Dipetik
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar