2 Cara Praktis Agar Cabe Lado F1 Cepat Berbuah Lebat

Cabe lado F1 merupakan jenis cabe yang paling sering dibudidaya oleh para petani di Indonesia. Harga jual cabe ini di pasaran cukup tinggi, dan harganya cenderung stabil.

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh jika bertani cabe dibandingkan dengan bertani yang lainnya, meskipun ada saja kendala saat membudidaya cabe, dan memang tidak semudah yang dibayangkan.

Tanaman Cabe Berbuah Lebat. Photo Kontributor by: Ichin S. (KPCI/FB).

Memperoleh hasil panen cabe lado F1 dengan hasil panen tinggi tentu saja harus diimbangi dengan buahnya yang lebat, hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Lakukan Penyiangan dan Pendangiran

Lahan tanam cabe lado F1 harus bersih dan terbebas dari gulma (rumput liar). Untuk membersihkan lahan tanam maka dilakukanlah kegiatan penyiangan. Penyiangan biasanya dilakukan secara manual pada waktu tanam awal hingga umur cabe mencapai 40 hst. Jika lahan tanam/bedengan untuk menanam cabe dilengkapi dengan mulsa, maka penyiangan bisa dilakukan secara manual, namun jika lahan tanamnya dari bedengan tanpa mulsa bisa menggunakan alat penyiangan khusus, misalnya pencong kecil.

Sembari melakukan penyiangan, lakukan juga pendangiran. Pendangiran yaitu kegiatan menggemburkan lahan bedengan di sekitar pusat tumbuh tanaman cabe agar proses penganggutan nutrisi (unsur hara), garam-garam mineral, air dari dalam tanah berjalan secara efektif. Gunakan alat pendangiran khusus untuk menggemburkan tanah di sekitar pusat tumbuh tanaman. Info selengkapnya silakan baca: Cara Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Cabe Sesuai Prosedur yang Benar.

2. Berikan Pupuk Phonska Cair

Selama masa hidupnya, tanaman cabe Lado F1 membutuhkan nutrisi untuk berbagai keperluan pembelahan sel, regenerasi sel yang rusak, pembentukan enzim, hormon, proses metabolisme sel, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tanaman cabe Lado F1 membutuhkan pupuk. Pupuk organik pada cabe biasanya diberikan pada waktu menyemai bibit. Jadi pupuk organik ini dikombinasikan dengan tanah/media penanamannya. Sementara pupuk anorganik yang sering digunakan adalah pupuk phonska cair, NPK, TSP, SP-36, KCl, urea, dll.

Larutan pupuk phonska cair merupakan  jenis pupuk yang paling bagus dan banyak mengandung unsur N, P, dan K. Unsur hara tersebut sangat dibutuhkan tanaman cabe untuk tumbuh dan berkembang secara sempurna.

Sebagai panduan untuk anda, saya mengajak para petani cabe untuk mencoba menggunakan larutan pupuk phonska cair yang bisa dibuat di rumah/kebun cabe miliknya. Cara pembuatannya, mari ikuti tutorial ini, klik: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe agar Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

2 Cara Praktis Agar Cabe Lado F1 Cepat Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar