Agar Daun CABE Tidak Keriting dan Tidak Terserang Hama Maupun Penyakit

Seringkali daun cabe mengalami keriting dan ini adalah salah satu jenis penyakit yang banyak dikhawatirkan para petani. Karena bagaimanapun juga hama dan penyakit keriting pada tanaman cabe menjadi momok menakutkan sebab akan berimbas kepada hasil panen nantinya.

Hama dan penyakit merupakan salah satu bagian yang seringkali menyebabkan petani mengalami kerugian panen hingga 30 - 40%, dan tentu hal ini tidak boleh dibiarkan saja. Sehingga perawatan tanaman cabai menjadi hal terpenting yang tak boleh disepelekan.

Adapun penyebab daun cabe menjadi keriting bisa disebabkan oleh hama maupun penyakit. Penyebab cendawan parasit bisa menyebabkan daun cabe menjadi rusak, bahkan keriting dan lama-lama mengalami keguguran daun (abisis).

Tanaman Cabe Tumbuh Subur dan Sehat Karena Perawatannya Bagus
Tanaman Cabe Tumbuh Subur dan Sehat Karena Perawatannya Bagus. Photo by: Muslehudin, Uploading: Wahid Priyono.


Selain itu, beberapa jenis hama yang bisa membuat daun cabe menjadi keriting yaitu hama thrips, tungau (mites), serta kutu daun (aphids). Ketiga jenis hama ini paling hobi membuat daun cabe menjadi rusak berlubang dan keriting. Baca juga: Cara Merawat Cabe di Musim Hujan agar Tanaman Cabe Sehat dan Kuat.

Agar tanaman cabe menjadi lebih sehat, terutama supaya daun cabe tidak keriting, maka langkah yang diperlukan untuk mencegah ketiga hama di atas (thrips, aphids, dan mites) adalah dengan melakukan cara berikut ini:
  • Menjaga kebersihan lahan tanam;
  • Tidak menanam pada bekas tanaman cabe;
  • Tidak menanam pada lahan yang berdekatan dengan tanaman cabai yang lebih tua;
  • Menjaga supaya tanaman tidak kering (jika menanam pada waktu musim kemarau);
  • Penyemprotan akarisida berbahan aktif abamectin, seperti celebtin, agrimec, bamex, dan demolish;
  • Tidak melakukan tumpang sari tanaman cabe dengan tanaman kacang panjang;
  • Tidak menanam cabe berdekatan dengan tanaman kacang panjang
Demikian di atas penjelasan singkat tengan bagaimana agar daun cabe tidak keriting dan terbebas dari hama serta penyakit yang dapat merugikan tanaman cabe. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca dan klik artikel berikut: 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terbaru

Agar Daun CABE Tidak Keriting dan Tidak Terserang Hama Maupun Penyakit
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar