Trik Ampuh Supaya Tanaman Berbuah Lebat dan Awet Muda

Tanaman buah sering sekali dibudidaya oleh masyarakat petani hortikultura di Indonesia. Memiliki tanaman buah yang sehat serta berbuah lebat memang menjadi banyak kebanggan bagi mereka yang senang/hobi berkebun.

Tanaman buah yang sehat dan kuat tentu saja akan menentukan bagaimana tanaman itu awet dan tahan terhadap berbagai serangan hama dan penyakit. Untuk mendapatkan harapan tersebut, maka seorang petani harus memberikan perhatian dan kasih sayang kepada tanaman, yakni dengan melakukan beberapa perawatan (pemeliharaan tanaman) secara berkala sesuai waktu yang ditentukan masing-masing petani.

Pohon Nangka Berbuah Lebat
Pohon Nangka Berbuah Lebat. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Tindakan yang bagus dan menuntut keseriusan para petani/berkebun dalam menciptakan tanaman agar berbuah lebat dan awet bukanlah pekerjaan yang mudah, namun setidaknya dengan adanya forum diskusi dan berbagi pengalaman antar lintas petani, tentu saja akan membuka ruang diskusi yang dinamis sehingga akan menambah wawasan baru bagi masing-masing perorangan.

Berikut ini beberapa upaya yang dapat dilakukan bagi para petani/pekebun agar tanaman budidayanya menghasilkan banyak buah dan tentunya awet, serta tahan lama.

  • Biasakan untuk memberi pupuk organik dan anorganik. Penambahan pupuk organik dan pupuk anorganik memang sangat berguna bagi tanaman. Pupuk adalah komponen nutrisi yang mengandung unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman. Unsur hara yang dimaksud adalah unsur Nitrogen, Boron, Kalium, Kalsium, Molibdenum, dan lainnya. Sementara itu, untuk kandungan unsur hara juga bisa diperoleh dari pupuk anorganik, yakni seperti Urea, pupuk phonska, ZA, KCL, dan lain sebagainya; Pemberian pupuk sebaiknya harus disesuaikan dengan umur tanaman, jadwalkanlah secara bijaksana bagaimana pupuk-pupuk itu harus diberikan kepada tanaman; Baca juga: 2 Jenis Pupuk Anorganik Perangsang Akar Tanaman.
  • Khusus untuk tanaman cabe, anda bisa mencoba melakukan penyemaian cabe sistem steril pro dan sistem gelintir (soil block). Selain itu jangan lupa berikan dan buatkan larutan pupuk phonska cair untuk tanaman cabe agar berbuah lebat;
  • Selain pemupukan, perhatikan juga kondisi lingkungan di sekitaran lahan tumbuh tanaman, apakah ada gulma?. Jika ada gulma (rumput liar), maka silakan lakukan penyiangan atau mengoret rumput liar tersebut sampai benar-benar bersih, barulah langsung dibakar hingga yakin bahwa gulma tersebut tidak ada lagi; Silakan lanjutkan membaca: Cara Merawat Tanaman Mentimun Dari Gulma, Hama, dan Penyakit;
  • Lakukan juga proses penyiraman tanaman secara terjadwal, sehingga tanaman akan sehat. Usahakan penyiraman tanaman dilakukan dengan menggunakan air bersih. Dan hindari penyiraman tanaman menggunakan air yang sudah terkontaminasi limbah/polutan yang terlarut di dalam air. Baca: 
Itulah tadi informasi seputar bagaimana trik/cara agar tanaman pertanian lebih cepat berbuah lebat dan awet. Semoga bermanfaat, Jangan lupa baca juga: 6 Cara Membuat Tanaman Lebih Subur dan Sehat.

Pohon Nangka Organik Berbuah Lebat
Pohon Nangka Organik Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)




Artikel Terpopuler

Trik Ampuh Supaya Tanaman Berbuah Lebat dan Awet Muda
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar