Solusi Agar Tanaman CABE Tidak AMBRUK Terkena Angin Kencang

Perawatan tanaman cabe secara baik merupakan gambaran dari rasa tulus dan hormat seorang petani untuk terus memberdayakan tanaman secara potensial sehingga menghasilkan buah cabe berkualitas. Perawatan tanaman tersebut meliputi beberapa komponen penting, seperti pendangiran dan penyiangan, penyiraman, pemupukan, perempelan tunas tanaman cabe, hingga kepada aktivitas untuk melakukan panen nantinya.

Serangkaian proses dalam perawatan tanaman cabe yang tak boleh terlewatkan yakni memberikan tiang ajir (tongkat dari bambu yang ditancapkan di dalam tanah/berdekatan dengan sisi pusat tanaman tumbuh). Pemberian ajir tentu saja memiliki banyak keuntungan yang banyak.


Tanaman Cabe Tumbuh Subur Diberi Penyangga Tiang Ajir dari Bambu
Tanaman Cabe Tumbuh Subur Diberi Penyangga Tiang Ajir dari Bambu, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Beberapa keuntungan dari pemberian tiang ajir pada tanaman cabai, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai penopang supaya tanaman cabe, baik yang masih dalam tahap pemuliaan/baru saja dipindah ke lahan tanam baru dapat tumbuh tegak sesuai dengan aturan dari petani yang bersangkutan;
  • Mencegah tumbuh kembang cabe menjadi tidak terkendali. Dengan adanya tiang ajir, maka tumbuh kembangnya dapat dipantau secara jelas, sehingga buahnya juga akan tumbuh teratur mengikuti tiang-tiang ajir yang diletakkan bedekatan dengan pusat tanaman cabe ketika tumbuh;
  • Tiang ajir terbukti ampuh untuk mencegah agar tanaman cabe tidak mudah ambruk terkena/terhempas angin kencang;
  • Tiang ajir selalu memberikan nilai estetika (nilai keindahan), tanaman terkesan rapih, teratur, sehingga budidaya cabe diperkebunan hortikultur tertentu akan dapat dinikmati secara sempurna;
  • Selain itu, tiang ajir juga berfungsi untuk menempatkan tanaman cabe berada pada posisi ideal sehingga kontrol terhadap laju pertumbuhan dan perkembangannya dapat diamati dan sebagai pendukung dalam kesuksesan budidaya cabe dari masa ke masa.
Melihat begitu pentingnya tiang ajir yang seharusnya diberikan pada tanaman cabe, maka mulai saat ini jika anda membudidaya tanaman cabe namun belum menggunakan ajir, maka segeralah untuk menggunakannya. 

Petani profesional di berbagai daerah di Indonesia banyak memanfaatkan cara bertanam cabe menggunakan tiang ajir agar hasil panen lebih optimal dan berdaya guna tinggi.

Selamat mempraktekkan, semoga berhasil. Sebagai hadiah untuk anda sebagai pelanggan setia blog guruilmuan.blogspot.co.id, jangan lupa baca juga artikel berikut ini, klik: Tujuan dan Manfaat Pemberian Tiang Ajir Pada Tanaman Cabe di Lahan Bedengan.

Artikel Terpopuler

Solusi Agar Tanaman CABE Tidak AMBRUK Terkena Angin Kencang
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar