Cara Penyiraman KANGKUNG ORGANIK Agar Cepat Panen

Kangkung adalah salah satu jenis dari sekian banyak tanaman hortikultura yang telah banyak ditanam oleh petani di berbagai daerah di Indonesia.

Variasi penanaman kangkung dapat dilakukan di berbagai daerah, baik di lahan-lahan pertanian seperti di sawah, dilakukan secara vertikultur maupun hidroponik, ditanam di kolam-kolam atau lahan khusus tersendiri bagi pertumbuhan kangkung.

Dalam dunia kuliner makanan, kangkung dapat dijadikan menu olahan sayur yang lezat dengan berbagai penambahan cita rasa masakan, sehingga sangat banyak orang yang menyukai makanan khas dari kangkung. Membuat sayur kangkung dengan tambahan udang merupakan kuliner yang paling saya sukai, selain lezat juga kandungan gizinya tinggi.

Namun, kali ini tidak akan berbicara lebih jauh tentang bagaimana memasak sayur kangkung, hehe.. :D ,akan tetapi kali ini akan membahas tentang bagaimana cara dalam perawatan tanaman kangkung, spesial untuk cara penyiraman kangkung organik agar cepat panen.

Perawatan tanaman kangkung memang harus dilakukan secara intensif, dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti faktor penyiraman dan pemastiaan bahwa lahan tanam lembab dan cukup mengandung air (terutama untuk kangkung darat), dan untuk kangkung air biasanya mereka tumbuh liar di aliran sungai, kolam, ataupun rawa-rawa, sehingga tidak perlu melakukan penyiraman.

Khusus untuk kangkung dari pembenihan biji yang ditanam di lahan darat, maka faktor penyiraman sangat penting dilakukan, terutama pada saat tanam di musim kemarau (kering).

Tanaman Kangkung Organik dalam Perawatan
Tanaman Kangkung Organik dalam Perawatan, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Pada musim kemarau, tanaman kangkung membutuhkan banyak air, sehingga penyiraman harus dilakukan secara teratur yakni pada waktu pagi dan sore hari menjelang senja. Pada waktu pagi hari, penyiraman dapat dilakukan pada pukul 06:00 waktu setempat, sementara itu pada waktu malam hari penyiraman tanaman kangkung organik dapat dilakukan pada waktu setelah sholat ashar (kisaran pukul: 04:00 sampai dengan selesai, sesuai dengan waktu daerah setempat.

Cara penyiraman kangkung organik sesuai prosedur yang dilakukan banyak petani kangkung yang saya temui adalah sebagai berikut:

  • Penyiraman dilakukan dengan menggunakan air bersih dari sumur, sehingga sangat kurang dianjurkan menggunakan air sungai yang tercemar limbah/polutan cair, deterjen, limbah mengandung merkuari, dan lain sebagainya. Limbah cair ini juga sangat berbahaya dan dapat menghalangi laju pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman kangkung;
  • Frekuensi penyiraman harus dilakukan secara benar, artinya harus memastikan bahwa lahan tanam tersirami dengan baik;
  • Penyiraman juga dapat dilakukan dengan mengenai pada bagian organ tanaman, seperti akarnya, batang, daun, maupun mata bunga yang seringkali muncul pada beberapa varietas kangkung yang ditemui di lapangan;
  • Jangan berlebihan dalam pemberian kandungan air, secukupnya, rutin dan teratur itu jauh lebih penting untuk meningkatkan produktivitas panen nantinya;
  • Penyiraman dapat juga dilakukan secara tentatif (sewaktu-waktu) jika dibutuhkan, misalnya: Pada waktu musim penghujan penyiraman disesuaikan/bahkan lebih sedikit dibandingkan pada musim kemarau yang intensitas penyiraman mungkin lebih ditingkatkan (diperbanyak);
  • Tidak ada ukuran pasti seberapa banyak jumlah air yang diberikan untuk tiap tanaman, karena biasanya petani/pekebun kangkung melakukan cara-cara tersendiri terkait dengan jumlah/volume air yang diberikan pada tiap tanaman, namun paling terpenting adalah memastikan bahwa pada saat penyiraman berlangsung tanah dimana tempat penanaman harus lemabab, memiliki ketercukupan air sehingga kemungkinan tanaman kangkung mengalami dehidrasi (kekurangan air) dapat terminimalisir.
Itulah tadi beberapa cara dan prosedur dalam penyiraman tanaman hortikultura kangkung, semoga dapat bermanfaat dan memebri wawasan ketika anda sudah membacanya. Salam budidaya pertanian, ayo coba menanam kangkung. Jangan lupa baca dan klik juga: Asyiknya Menanam Kangkung Sistem Bedengan.

Artikel Terpopuler

Cara Penyiraman KANGKUNG ORGANIK Agar Cepat Panen
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar