Mengenal Tanaman Bayam Organik Yang Disertai Foto Hasil Panen

Bayam merupakan jenis tanaman sayur mayur yang biasanya dibudidaya oleh banyak petani baik yang di desa maupun di kota. Jenis bayam banyak sekali ragamnya, ada bayam cabut, bayam raja, bayam biji, bayam merah, bayam duri, dan lain sebagainya.

Model dalam budidaya bayam cukup bervariasi, ada yang menggunakan teknik modern menggunakan sistem pertanian vertikultur PVC, dikultur teknis, atau langsung ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman perkebunan keluarga. Namun demikian, apapun bentuk dari model budidaya bayam tentu saja mempunyai maksud dan tujuan tertentu sesuai dengan harapan si petani/pekebun yang bersangkutan.

Bercocok tanam bayam sangat mudah dilakukan, sehingga anda tidak harus mempunyai lahan tanam yang luas, bahkan dengan luas lahan 5 x 5 meter saja, anda sudah dapat melakukan budidaya bayam tentu dengan hasil panen yang cukup lumayan untuk menunjang kehidupan anda.

Dalam budidaya bayam ada beberapa syarat penting terutama menyangkut tentang pemilihan bibit yang harus berkualitas. Keharusan ini menjadikan syarat mutlak untuk memperoleh hasil panen yang dikehendaki sehingga dalam pemilihan bibit sebaiknya harus lebih teliti, tentukan varietas jenis bibit bayam apa yang hendak ditanam, jangan sampai salah.

Biasanya budidaya bayam akan berhasil apabila proses dalam penanaman serta perawatan tanaman dilakukan secara benar dan terencana. Tidak ada kesuksesan tanpa keseriusan dan ketekunan. Tentu hal ini harus menjadi prinsip dasar dalam membudidaya berbagai jenis tanaman, tak terkecuali dalam membudidaya tanaman holtikultura bayam ini.

Untuk membudidaya tanaman bayam, ada beberapa langkah yang harus anda tempuh. Silakan anda baca panduan lengkap berikut:

(1). Cara Budidaya Bayam Hijau Dari Biji Secara Organik Untuk Hasil Panen Menguntungkan.
(2). Cara Budidaya Bayam Raja Dari Biji Secara Organik Supaya Menguntungkan Bagi Petani dan Pekebun Holtikultura.

Setelah anda melakukan budidaya tanaman bayam seperti yang dijelaskan pada bagian nomor (1) dan nomor (2) di atas (silakan pilih salah satu cara budidaya saja), maka jika anda berhasil budidaya, maka diperkirakan hasil panen akan mirip dengan gambar/foto-foto hasil pertanian bayam seperti di bawah ini:

Foto 1:

Foto Bayam Raja Organik
Foto Bayam Raja Organik, Didokumentasikan Oleh: Guruilmuan (Wahid Priyono)


Foto 2:

Bayam Raja dari Biji
Bayam Raja dari Biji, Foto Orisinil: Wahid Priyono

Foto 3:

Bibit Bayam Raja Secara Generatif (Biji)
Bibit Bayam Raja Secara Generatif (Biji), Photo Original by: Wahid Priyono

Foto 4:

Bayam Raja
Bayam Raja, Photo Taken By: Wahid Priyono (Guruilmuan)


Foto 5:


Varietas Bayam Cabut
Varietas Bayam Cabut, Photo Original by: Guruilmuan

Itulah tadi penjelasan tentang tata cara budidaya tanaman bayam yang disertai dengan gambar/dokumentasi photo original yang berhasil penulis ciptakan. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semuanya, salam budidaya pertanian, ayo menanam. Jangan lupa baca juga: Keuntungan dan Kekurangan Pertanian Organik.

Artikel Terpopuler

Mengenal Tanaman Bayam Organik Yang Disertai Foto Hasil Panen
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar