Keuntungan dan Kelemahan Bibit Cabe Merek Lado F1 Hibrida

Sampai sejauh ini, petani cabe sangat favorit sekali membudidaya cabe merek lado, selain banyak juga merek cabe lain yang mereka budidayakan. Biasanya merek cabe merah lado F1 hibrida yang menjadi pilihan dan pertimbangan mereka saat membeli bibit di toko bibit tanaman.

Pertimbangan dalam memilih bibit cabe lado tersebut bukan tanpa alasan. Karena beberapa petani menganggap bahwa cabe jenis ladolah yang lebih bagus untuk ditanam.

Tapi terlepas dari hal tersebut, mari kita coba baca lebih lanjut tentang bagaimana keuntungan dan kelemahan dari bibit cabe lado. Hal ini dapat disimpulkan berdasarkan apa yang pernah ditemui, dialami oleh para petani cabe yang juga telah lama membudidaya cabe lado.

Sehingga dengan mengambil pelajaran dari petani cabe lado yang berpengalaman, tentu saja akan jauh lebih bermanfaat terutama untuk pemula yang hendak mencoba memakai bibit cabe lado untuk bahan tanam di kebun.

Dari sejumlah petani yang saya coba temui di kawasan kompleks perkebunan cabe di Sidoharjo1, Natar, Lampung Selatan, diperoleh data tentang keuntungan dan kelemahan cabe lado.

1. Keuntungan Bibit Cabe Lado

Berikut ini keuntungan atau keunggulan dari bibit cabe merek lado yang hendak ditanam oleh pekebun/petani di Indonesia.

Cabe Lado Telah Berbuah Lebat
Cabe Lado Telah Berbuah Lebat, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Pemaparan Pak Pawit yang juga seorang pembudidaya cabe rawit, berikut ini keuntungan dan kelemahan budidaya cabe lado yaitu:

  • Cabe lado lebih tahan terhadap beberapa penyakit layu fusarium, dan tahan terhadap hama seperti misalnya ulat daun, wereng, walang sangit, dan lainnya;
  • Cabe lado sangat unggul di segala tempat, artinya dapat ditanam di area persawahan, ladang, kebun hortikultura, dan area lainnya;
  • Menghasilkan buah yang lebih lebat dan banyak jika ditanam dengan sistem penggunaan mulsa plastik di atas permukaan lahan bedengan;
  • Lebih menguntungkan, karena buahnya akan lebat jika penanam dan perawatan tanaman dilakukan secara benar;
  • Tiap-tiap tanaman biasanya mampu memproduksi buahnya lebih dari 40 cabe yang segar dan sehat;
  • Usia tanam lebih genjah daripada produk/merek cabe lainnya. Dapat mulai panen pada umur 70 hari ke atas;
  • Harga bibit cabe lado cukup terjangkau, dan jika perawatan tanaman benar maka hasilnyapun akan jauh lebih memuaskan;
  • Di pasaran harga cabe lado F1 hibrida cukup mahal dan dapat bersaing dengan merek cabe lainnya.


2. Kelemahan Bibit Cabe Lado

Di sisi lain, ada juga beberapa kelemahan dari bibit cabe merek lado, hal ini dapat dijelaskan berdasarkan apa yang diamati, dirasakan, dan berdasarkan pengalaman dari petani cabe lado, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jika kekurangan air (pada musim kering/kemarau), cabe lado mudah mati, batang tanamannya mudah layu;
  • Jika frekuensi air banyak, dapat menyebabkan kerontokan pada daun, bunga, bahkan buahnya;
  • Kurang dapat menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah. Pada saat cuaca ekstrem atau curah hujan tinggi, justru terkadang dapat merusak cabe yang baru ditanam;
  • Batang tanaman yang masih muda mudah sekali patah, batangnya kurang kuat jika dibandingkan dengan merek lainnya, maka sebaiknya pada saat penanaman awal perlu diberikan tiang ajir dari bilah bambu yang dipotong setinggi 70 - 100 cm sebagai sandaran tanaman cabe lado yang masih kecil;
  • Memerlukan perawatan yang lebih intensif termasuk biaya pupuknya saja cukup mahal;
  • Biaya operasional untuk skala besar cukup memadai, karena pertanian cabe lado dengan sistem mulsa biasanya sudah mendekati cara-cara pertanian modern.
Itulah tadi di atas penjelasan tentang keuntungan dan kelemahan bibit cabe merek lado. Semoga apa yang telah diulas pada bagian di atas dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Salam budidaya pertanian. Jangan lupa klik dan baca artikel pertanian berikut: Budidaya Cabai Merah Lado F1 Agar Berbuah Lebat dan Menguntungkan Bagi Petani.


Artikel Terpopuler

Keuntungan dan Kelemahan Bibit Cabe Merek Lado F1 Hibrida
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

September 1, 2016 at 6:08 PM Delete

Jenis lado f1 ini kalo di taman di media aquaponik cocok tidak ya?

Reply
avatar
September 5, 2016 at 5:46 AM Delete

Hallo Ibu Dewi, terimakasih atas pertanyaan anda.
Mohon maaf, Untuk saya sendiri belum pernah menggunakan teknik aquaponik untuk cabe lado F1. Namun, ibu boleh mempraktekannya ttg cabe lado tuk teknik aquaponik. Salam kenal ibu, ditunggu sharingnya tentang "aquaponik pada cabe lado f1". ^_^

Reply
avatar