Cara Saya Memberikan Pupuk Mutiara Pada Bibit Mangga

Bibit generatif tanaman mangga yang telah disemai di wadah pot polybag atau sejenisnya, tentu saja harus mendapatkan perawatan yang benar.

Perawatan bibit mangga yang telah tumbuh menjadi tanaman baru tentu saja tidak boleh dilakukan sembarangan, termasuk dalam persoalan pemberian pupuk.

Sebelum pemberian pupuk pada tanaman mangga, sebaiknya pemilihan jenis pupuk juga penting dilakukan.

Saya sendiri lebih senang jika memupuk tanaman mangga dengan menggunakan dua jenis pupuk favorit saya yaitu pupuk NPK mutiara dan pupuk Phonska.

Kedua pupuk di atas menurut pengalaman saya pribadi cukup bagus dalam mendongkrak pertanian mangga supaya lebih bagus. Artinya, pertumbuhan bibit akan tumbuh seragam, bibit tanam akan nampak lebih sehat, dan pemberian pupuk pada pohon mangga cangkok yang telah berbuah justru akan merangsang pohon terus menghasilkan buah dalam jumlah yang tak terkira.

Kali ini, saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara saya memberikan pupuk mutiara pada bibit mangga yang baru tumbuh, baik itu khusus untuk tanaman yang telah dilakukan pembibitan dari biji (secara generatif) di dalam pot, atau memang berasal dari pohon mangga cangkokan.

1. Pemberian Pupuk Mutiara Pada Bibit Semai Dari Biji

Pemberian pupuk mutiara khusus untuk bibit mangga yang baru tumbuh dan disemai di wadah pot polybag yakni dengan cara:

  • Larutkan/campurkan 0,5 kg pupuk mutiara dengan 5 Liter air bersih, kemudian aduk-aduk hingga tercampur merata;
  • Setelah larutan pupuk mutiara cair dibuat, maka langkah selanjutnya adalah cara penggunaannya untuk tanaman bibit;
  • Untuk penggunaanya, silakan anda gunakan secara pertahap, yakni 1 Liter larutan mutiara cair tersebut diencerkan kembali dengan menggunakan 5 Liter air bersih, selanjutnya diaduk-aduk kembali hingga merata, dan barulah anda siramkan ke masing-masing tanaman bibit;
  • Tiap 1 tanaman bibit diberi 200 mL (2 gelas) larutan mutiara cair tersebut.
  • Selesai dan silakan anda praktekkan.
  • Ingat bahwa pembuatan larutan pupuk mutiara cair ini dapat dilakukan secara berulang-ulang (artinya, sesuai kebutuhan dan banyaknya bibit yang ditanam).
Waktu pemberian larutan pupuk mutiara cair di atas dapat diberikan pada tanaman bibit mangga yang berumur 30 hari sejak tanam awal. Untuk pupuk dasar di bawah umur -30 hari, sebaiknya gunakan saja pupuk dasar dari kotoran hewan ternak. Saya sangat menyarankan untuk memberikan pupuk dari kotoran itik/ayam yang sangat kaya akan unsur hara Nitrogen (N), Magnesium (Mg), Kalium (K), Kalsium (Ca), dan unsur makro dan mikro lainnya.

Tanaman Mangga Cangkok Subur dan Mulai Berbunga karena Pupuk Mutiara
Tanaman Mangga Cangkok Subur dan Mulai Berbunga Karena Pupuk Mutiara, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

2. Pemberian Pupuk Mutiara Pada Tanaman Cangkok

Khusus untuk tanaman bibit mangga yang dicangkok, pemberian pupuk mutiara dapat diberikan secara cair atau dalam bentuk padatan.

Untuk bibit mangga cangkok yang diberikan secara cair dapat mengikuti panduan pada point nomor 1 di atas, yakni membuat larutan pupuk mutiara cair, cuma bedanya kalau untuk bibit yang ditanam di pot diberi 200 mL (2 gelas), maka untuk bibit cangkok hanya diberikan sebanyak 1 Liter larutan mutiara cair untuk 1 tanaman bibit, dan cara pemberiannya dengan disiramkan langsung ke pusat tumbuh tanaman.

Jika menggunakan cara padatan, dapat langsung anda membenamkan pupuk mutiara yang masih padat ke dalam tanah. Jadi untuk 1 tanaman bibit cangkok diberikan pupuk mutiara sebanyak 0,3 kg. Waktu pemberiannya dapat dijadwal sejak tanam awal, serta tiap dua bulan sekali diberikan hingga benar-benar tanaman mangganya menghasilkan buah.

Artikel Terpopuler

Cara Saya Memberikan Pupuk Mutiara Pada Bibit Mangga
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar