2 Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam Di Parit Sawah

Adakalanya parit-parit yang ada di persawahan terkadang tidak difungsikan dengan baik oleh para petani, sehingga fungsi parit hanya dijadikan sebagai saluran irigasi air baik dari muara sungai, danau, ataupun rawa-rawa.

Sebenarnya parit memiliki banyak fungsi, dan untuk menjaga supaya parit tidak mengalami erosi tanah, sebaiknya petani harus berpikir lebih kritis mengenai persoalan cara memanfaatkan parit di galengan sawah untuk ditanami berbagai jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Salah satunya adalah melakukan penanaman jenis tanaman hidrofit/tanaman air/aquatik di parit-parit sawah tersebut. Berikut ini beberapa jenis tanaman sayuran yang dapat ditanam di parit persawahan, diantaranya adalah.

1. Genjer

Siapa yang tak mengenal tanaman sayur mayur genjer? Beberapa orang menganggap bahwa genjer termasuk tanaman gulma yang dapat dikonsumsi dan dijadikan menu kuliner masakan yang lezat. Genjer dapat dijadikan sebagai makanan ringan bakwan genjer, tumis genjer, rendang bunga genjer, dan lain sebagainya.

Tanaman Genjer di Parit Sawah
Tanaman Genjer di Parit Sawah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Di daerah berawa seringkali dijadikan target bagi beberapa petani untuk membudidaya genjer, dan beberapa diantaranya juga ada yang menumbuhkembangkan genjer di parit-parit sawah miliknya.

Berdasarkan pengalaman, parit-parit di lahan persawahan sangat cocok ditanami genjer, karena pada parit sawah biasanya tercukupi kandungan airnya, sehingga tanaman genjer praktis tidak terlalu banyak mendapatkan perawatan yang memadai. Caranya cukup anda menanam secara manual bibit genjer dari tunas induk gener produktif menggunakan tangan dengan cara menanamnya di lumpur-lumpur parit. Biasanya genjer akan segera tumbuh dan menghasilkan tanaman baru yang lebih cepat sama halnya kangkung air.

Genjer di Parit Sawah
Genjer di Parit Sawah, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Untuk tatacara budidaya genjer juga dapat anda baca pada bagian ini: Cara Menanam Genjer Di Tanah Gambut Berawa dan Di Sawah Untuk Hasil Panen Menguntungkan.

2. Kangkung

Kangkung juga sama dengan genjer merupakan tumbuhan hidrofit yang memiliki ketergantungan hidup dengan sumbur air yang mencukupi dalam kehidupannya. Dalam budidaya kangkung selain di daerah daratan (terestrial) juga dapat dilakukan di daerah perairan, terutama untuk bibit kangkung air yang memang secara fisiologis, tanaman kangkung air ini hanya dapat dibudidaya secara mudah di perairan, baik di kolam-kolam penampungan ikan, rawa-rawa, maupun di area parit di sekitar lahan persawahan.

Untuk membudidaya kangkung di lahan parit cukup mudah, sebagai langkah praktisnya silakan anda cari bibit kangkung air, kemudian beberapa batang/akar tanaman dari bibit yang diperoleh secara vegetatif buatan tersebut dipendamkan ke dalam lumpur parit, lalu biarkan hingga tanaman menghasilkan tunas dan daun kangkung yang siap dipanen.

Tanaman kangkung air juga banyak digunakan sebagai bahan makanan ternak kelinci, marmut, dan juga dapat dikonsumsi oleh manusia.

Itulah tadi penjelasan tentang: "Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam Di Parit Sawah", semoga bermanfaat. Salam budidaya pertanian. Ayo menanam, ayo berkebun.

Jangan lupa baca juga: Cara Budidaya Kangkung Dari Biji Secara Organik Agar Menguntungkan Bagi Para Petani Holtikultura.

Artikel Terpopuler

2 Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam Di Parit Sawah
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar