Cara Berternak SEMUT JEPANG Menggunakan Toples Agar Menguntungkan

Semut jepang dalam bahasa jepang disebut ari, dengan arti secara harfiah berarti “serangga kesetiaan”.  Di jepang dikenal sebanyak 273 spesies semut. Dalam sekitar waktu 10 tahun terakhir, lebih dari 200 spesies semut disimpan di museum sejarah barat, tidak ada literatur resmi tentang semut jepang. Jadi semut jepang merupakan salah satu jenis serangga dalam spesies dari sekelompok serangga kecil anggota dari marga Tenebrio dan Tribolium (ordo coleoptela). 

Semut jepang memiliki banyak spesies diantaranya adalah: Amblyopone silvestrii, Pachycondyla pilosior, Ponera swezeyi, Atenamma owstoni, Aphaenogaster, Frontosa, Cryptopone sauteri, Ponera japonica, Ponera scabra, Aphaenagaster ruida, Aphaenogaster vapida, Pheidole bugi, Monomorium triviale, Solenopsis japonica, Ochetellus gibbosus, Lasius umbratus, Lasius talpa, Lasius spathepus, Vollenhovia emeryi, Pyramica leptothrix, Crematogaster vagula, Polyergus samurai, Camponotus devestitus, Camponotus nipponicus, Polyrhachis latona. 
Cara Budidaya Semut Jepang Di Dalam Toples
Cara Budidaya Semut Jepang Di Dalam Toples, Foto Kontributor Original: Nita Nurul Umma

Istilah semut jepang di masyarakat indonesia sekarang ini hanya sebutan agar mudah diingat ketika ingin diceritakan ke orang lain, menurut ceritanya karena asal muasal semut jepang  ini memang berasal dari Negara Matahari Terbit yaitu Negara Jepang.

Ciri Atau Karakteristik Dari Semut Jepang 


Ciri khusus dari semut jepang ini secara umum adalah memiliki tubuh berwarna hitam kecoklatan, berkaki enam dan tektur tubuhnya cenderung keras, suka reproduksi, hidup secara berkelompok, bukan hewan anibal, ruas badan  lebih besar dari luas kepala, ukuran tubuh kecil hanya beberapa milimeter, bukan tipe hewan pemakan daging/sesama,makanan ragi tape. Hewan ini memiliki sayap yang mirip dengan kumbang. Namun semut jepang tidak dapat terbang seperti serangga bersayap lainnya. Tubuh semut jepang terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut). 

Morfologi semut jepang cukup jelas dibandingkan dengan serangga lain yang juga memiliki antena, kelenjar metaplueral, dan bagian perut kedua yang berhubungan ke tangkai semut membentuk pinggang sempit (pedunkel) di antara mesosoma (bagian rongga dada dan daerah perut) dan metasoma (perut  yang kurang abdominal segmen dalam petiole). Petiole yang dapat dibentuk oleh satu atau dua node (hanya yang kedua, atau yang kedua dan ketiga abdominal segmen ini bisa terwujud).
           
Dari pencarian info dari beberapa sumber, saya mencoba membandingkan semut jepang dan ulat hongkong Tenebrio Molitor  yang mempunyai karakteristik bentuk tubuh yang hampir sama, kelainannya Cuma pada ukuran tubuh, cara bergeraknya, corak garis disayapnya. Semut jepang bentuk tubuhnya lebih kecil, tidak mampu terbang, garis disayap sangat lembut, tidak nampak secara visal, serta yang lain semut jepang tidak lebih keras dari ulat hongkong, semut jepang lebih rapuh dan lunak.

Hewan Tenebrio Molitor ini memiliki morfologi yang berbeda dengan semut jepang. Perbedaannya semut jepang asli terletak di saat semut jepang masih menjadi ulat, karena ulat semut jepang tidak mengalami proses moulting atau ganti kulit yang sangat jelas berbeda dengan ulat hongkong, ulat kandang maupun ulat jerman yang akan mengalami lebih dari 10 kali proses maoulting atau berganti kulit saat menjadi ulat. Dan juga dari makanan dan perawatannya juga berbeda. untuk itu anda tidak  perlu khawatir untuk mengkonsumsi semut jepang, karena akan hancur dan lumat dengan sendirinya oleh asam lambung yang diproduksi secara ilmiah oleh lambung kita.
          
Menurut penelitian luar negeri menyatakan protein pada Tenebrio Molitor adalah protein alami berkualitas tinggi, namun perkembangan dan pemanfaatan terbatas dalam perawatan kesehatan. Kandungan semut jepang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan zat zat yang terkandung didalamnya memang dibutuhkan oleh tubuh. Serta ada pula dokter yang memberikan obat ini pada pasiennya. Seperti juga undur - undur yang kadang diberikan oleh dokter berupa kapsul pada pasien. Dan obat yang belum benar -  benar 100% ada riset ilmiahnya.

Manfaat dan Kegunaan Semut Jepang


Semut jepang memiliki banyak manfaat, akan tapi tidak ada jaminanya kalau semut jepang dapat menyembuhkan 100% penyakit  Anda.
1.     Mengatur kadar kolesterol
Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh kita tetapi tidak sedikit dari kita yang mengkonsumsi kolesterol terlalu berlebihan. Seperti mengkonsumsi makanan – makanan bersantan ataupun makanan laut. Semut jepang dapat membantu mengaturnya baik bagi penderita kolestelor tinggi ataupun normal.
2.     Meringankan penyakit jantung
Semut jepang juga dipercaya dapat mengobati penyakit jantung. Penyakit yang dapat menyerang berbagai usia, ini memang penyakit yang menyeramkan karena dapat menghilangkan nyawa seseorang secara tiba – tiba.
3.     Meringankan diabetes
Penyakit diabetes yang disebabkan oleh tingginya kadar gula di dalam tubuh semestinya dapat disembuhkan dengan mengonsumsi semut jepang obat diabetes. Namun, hal tersebut harus disesuaikan dengan cara mengonsumsi semut jepang dengan benar. Sebab, jika tidak demikian, barangkali bukan kesembuhan yang di dapat, namun penyakit malah bertambah parah. Bagi pendirita diabetes, semut jepang dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula di dalam tubuh, sehingga dapat membuat air kencing menjadi normal kembali. 
     Di dalam semut jepang yang dikonsumsi dengan benar, terdapat kandungan yang dapat mengikat kadar gula yang berlebihan dan kemudian dihancurkan oleh sistem pencernaan.
Badan kesehatan dunia atau WHO juga memperkirakan bahwa jumlah kematian akibat diabetes mellitus atau kencing manis ini akan meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. 
     Dalam perkiraan ini, kita harus bisa merenungkan bahwa penyakit diabetes sangatlah membahayakan lagi manusia. Oleh karena itu, mari kita saling mengingatkan baik untuk keluarga orang lain, dan masyarakat  agar mengetahui agar bahaya penyakit diabetes karena penyakit ini dapat membuat seseorang kehilangan nyawa. Meskipun penyakit diabetes bukanlah penyakit yang terlalu sulit untuk diatas. Namun, penyakit ini tergolong penyakit yang sulit disembuhkan dan cukup mematikan tapi penyakit ini insya allah bisa diatasi sehingga penderitanya masih bisa menjalani hidup dengan normal dan bahagia.
4.     Mengatur tekanan darah agar tetap normal
manfaat lainnya adalah mengatur tekanan darah dalam tubuh. Zat enzim dalam semut jepang akan membantu mengatur tekanan darah tinggi yang akan berlanjut ke penyakit lainnya.
5.     Memberikan tambahan vitalitas tubuh
untuk anda yang memiliki aktivitas yang pada misalnya membutuhkan energi ekstra dalam berkegiatan rutin, semut jepang dapat menjadi vitalitas baik pria ataupun wanita. Sehingga akan menambah stamina dan kekuatan dalam tubuh.
6.     Meringankan penyakit hati (hepatitis)
penderita penyakit hati seperti liver juga dapat mengkomsumsi semut jepang sebagai obat. Semut jepang dipercaya dapat meringankan penyakit hati atau setidaknya tidak membuat penyakit hati kambuh lebih sering.
7.     Mengatasi penyakit asam urat, hipertensi (darah tinggi)
orang dewasa banyak sekali yang mengalami penyakit asam urat maupun hipertensi seiring bertambahnya usia. Asam urat di sebabkan oleh berbagai faktor dan yang paling dominan adalah karena pola hidup. Semut jepang akan mengatasi penyakit yang satu ini juga dan membuat penderitannya akan jarang merasa sakit di bagian sendi yang terkena asam urat.
8.     Membantu mengobati dan mencegah stroke dan kelumpuhan
semut jepang juga memiliki manfaat untuk membantu mengobati penyakit stroke dan kelumpuhan. Tentunya tergantung tingkat keseriusan penyakit stroke sendiri. Bila stroke telah masuk kedalam tingkat tinggi, bisa saja semut jepang tidak dapat mengobati hanya meringankan.
Dari kedelapan manfaat – manfaat semut jepang, memang lebih baik melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada dokter mengenai penyakit yang diderita. Karena semut jepang yang memang sudah banyak di jual hanya sebagai obat alternatif yang dapat anda coba. Tidak hanya itu semut jepang juga bisa dikatakan menjadi obat anti kimia karena zat enzim yang alami.

Bagaimana Konsumsi Semut Jepang?


  Untuk mengkonsumsi semut jepang, dapat dilakukan dengan cara meminumnya layaknya obat kapsul lain dengan takaran khusus sesuai dengan penyakit yang diderita
1.     Untuk penyakit stroke (kelumpuhan)
Penderita ini dapat meminum kapsul sebanyak dua kali sehari ( 3 hari konsumsi seminggu ) dengan isi semut masing – masing kapsul 5-7 ekor semut. Minggu ke-2 minum 5 ekor semut 2 kali sehari ( 3 hari selama seminggu ) selama 2 bulan. Jika kondisi membaik, minum 2 ekor semut 2 kali sehari ( 3 hari selama seminggu ), sampai anda merasa nyaman.
2.     Untuk penyakit diabetes melitus maupun diabetes insipidus
Penderita ini dapat meminum kapsul sebanyak dua kali sehari ( 3 hari konsumsi seminggu ) dengan jumlah semut 2 sampai 5 ekor. Setelah diperiksa kadar gula anda jika normal cukup 1 semut sehari ( perminggu 3 hari konsumsi ) selama 1 bulan.
3.     Untuk menambah vitalitas tubuh
Untuk penambah vitalitas cukup dua kapsul di pagi hari dan malam hari dengan isi semut 1 sampai 2 ekor.
4.     Untuk penderita penyakit hepatitis (liver)
Penderita ini dapat meminum sebanyak 2 kali sehari ( 3 hari konsumsi seminggu ) dengan isi semut masing – masing kapsul 3 sampai 5 ekor, jika kondisinya mulai membaik minum 2 semut sehari (3 hari konsumsi seminggu) selama 2 bulan.
5.     untuk penderita asam urat, hipertensi, jantung koroner
Penderita ini dapat meminum sebanyak 2 kali sehari ( 3 hari konsumsi seminggu ) dengan isi semut masing – masing 2 sampai 3 ekor, setelah memang dirasa membaik selanjutnya perharinya 1 semut ( 3 hari konsumsi seminggu ) selama 2 bulan.
6.     Terapi untuk penderita pengapuran tulang, osteoporosis, dan penyakit pada tulang lainnya
Penderita ini dapat meminum sebanyak 2 kali sehari dengan isi semut 3 ekor, selama 2 bulan.
7.     Konsumsi untuk mengatasi demam
Untuk anda yang memiliki daya tahan tubuh tinggi bisa minum 7 – 8 ekor ketika anda merasakan badan anda mau deman. Untuk anak diatas 5 tahun bisa disediakan 1- 3 ekor semut lalu diminumkan airnya.
8.     Konsumsi untuk penderita hermia, anemia
Diminum 2 hari sekali, dengan isi kapsul 7 ekor semut sampai anda merasakan perubahan pada alat kejantanan anda. jika sudah ada perubahan cukup 1 kali sehari, dengan isi kapsul 5 ekor semut.

Efek Samping Semut Jepang

Efek sampingnya sampai saat ini belum pernah ada yang menjelaskan tetapi kemungkinan terjadinya gangguan pencernaan bisa saja terjadi. Dan yang paling penting adalah bagaimana kondisi tubuh kita masing – masing.

Dimana Mendapatkan Semut Jepang

Untuk mendapatkan semut jepang Anda dapat membelinya di para peternak semut jepang. Tidak sedikit dari mereka yang juga menjualnya dalam dunia maya atau secara online. Ada juga yang menjualnya berupa semut, ada juga yang menjualnya sudah berupa obat. Rata – rata berupa obat kapsul yang murni berisi satu semut jepang. Di daerah Natar Kabupaten Lampung Selatan (Indonesia), pembudidayaan dan peternakan semut jepang sangat banyak dan dilakukan oleh masyarakat petani ternak dalam skala rumahan.

               Cara Membudidayakan dan Berternak Semut Jepang

Berternak dan Budidaya Semut Jepang Dengan Media Toples Menguntungkan
Berternak dan Budidaya Semut Jepang Dengan Media Toples Menguntungkan, Foto Original: Nita Nurul Umma

Persiapan Budidaya Semut Jepang

1.     Persiapan Bibit

Sebelum mulai budidaya semut jepang hal pertama yang harus di siapkan adalah bibitnya. Paling tidak sedikitnya anda harus mempersiapkan bibit semut jepang minimal 50 ekor, lebih banyak tentunya lebih bagus karena perkembangbiakannya akan lebih cepat dan banyak.

2.     Media pemeliharaan

Yang perlu disiapkan selanjutnya untuk membudidaya semut jepang adalah menyiapkan media/tempat berupa toples/baskom sebagai tempat pemeliharaan. Jika menggunakan toples sebaiknya tutup toplesnya dan diberi lubang untuk sirkulasi udara dengan cara melubangi tutup toples dengan memakai solder. Kira - kira ada 20 lobang dan jangan terlalu besar karena semut jepang akan keluar.manfaatnya agar udara masuk. Jika menggunakan baskom pemberian lubang udara tidak diperlukan, tapi harus di kasih tutup bisa dari kain kasa agar terhindar dari hewan pemangsa seperti tikus dan cicak. Setelah itu letakan kapas kedalam topels hingga setengahnya.


Perawatan Dasar Dalam Budidaya dan Berternak Semut Jepang

1.     Pemberian makan semut jepang 

Langkahnya adalah memberikan makan semut jepang berupa ragi tape hingga cukup. Jangan terlalu banyak , jika terlalu banyak ragi di tempat semut jepang maka akan terjadi fermentasi dan kelembapan sehingga panas yang menyebabkan munculnya embun di dalam tempat berternak semut jepang tersebut. 

Pemberian Pakan Pada Semut Jepang Menggunakan Ragi Tempe
Pemberian Pakan Pada Semut Jepang Menggunakan Ragi Tempe, Foto Original Oleh: Nita Nurul Umma
     Cara pemberian makan semut jepang adalah 3 hari cukup diberi 1 butir ragi tape. Cara tersebut juga tergantung banyaknya kapasitas semut. Misal 1 ragi untuk 50-200 ekor semut selama tiga hari.

2.     Letak tempat semut jepang

biarkan semut jepang tetap tenang diwadah  meraka. Jangan sering di usik agar tidak stress. Tempatkan wadah semut jepang jauh dari jangkauan cicak dan semut rumah, karena semut jepang dapat di mangsa oleh mereka dan cenderung kalah. Sekelilingnya bisa diberi kapur pengusir semut atau serangga pemangsa lain. 

     Tempatkan toples di tempat kering dan tidak lembab. Jika di letekan di tempat lembab kandang akan berjamur. Semut jepang yang berada dalam topel jangan sampai terkena cahaya matahari karena semut jepang sensitif apabila terkena suhu panas dari cahaya matahari. Dia akan menjadi agresif untuk mencari jalan keluar dari toples dan mati jika dibiarkan terlalu lama. 

     Tempat menampung semut jepang juga tidak boleh basa atau terkena air.
untuk toples kecil jika telah penuh dengan semut jepang. Anda pindahkan setengah populasi kedalam toples baru. Dan jangan lupa tambahkan lagi kapas sampai setengah toples. Jika anda malas memindahkan semut jepang. Gunakan toples ukuran 5 liter. Perkiraan 2-3 bulan dan memantau perkembangannya, Biasanya semut jepang telah berkembang hingga pesat secara normal ukurannya akan bertambah antara 3-6 lipat dari jumlah semula.

3.     Kebersihan tempat semut jepang

Caranya adalah membersihkan wadah ketika kapas sudah kotor dan banyak pengendapan bubuk sisa makanan di bagian bawah toples. Caranya disaring dengan saringan santan yang lembut.

Pemanenan Semut Jepang


Setelah umur 5-6 minggu (1 periode perkembangbiakan), semut jepang akan berkembangbiak 3 – 5 kali lipat dari jumlah awal. Misalkan awal memelihara sebanyak 100 ekor, maka dalam waktu sekitar 1-2  bulan akan berkembangbiak menjadi sekitar 300 – 500 ekor. Dan pada umur itu semut jepang sudah menjadi semut jepang dewasa, dicirikan dengan warna badan yang menghitam. Semut jepang pun bisa dijual dan dikonsumsi.

Kumpulan Populasi Semut Jepang di Dalam Toples
Kumpulan Populasi Semut Jepang di Dalam Toples, Foto Asli Oleh: Nita Nurul Umma

Peluang Usaha Ekonomi Kreatif

Dalam dunia usaha ekonomi kreatif, pembudidayaan semut jepang terbilang cukup berprospek tinggi dan mampu bersaing dengan harga di pasaran. Jika melihat dan belajar dari para peternak hewan semut jepang ini, mereka yang sudah sukses menjelaskan bahwa dari usaha budidaya dan ternak semut jepang tersebut mampu menghasilkan upah yang cukup tinggi. 
Sebagai akibat dari animo masyarakat Indonesia yang mengincar dan membutuhkan semut jepang, maka biasanya semut jepang untuk satu ekornya dapat diberikan harga Rp. 1000,00,- hingga Rp. 5.000,00,-. Tentu harga ini akan selalu tinggi tiap tahunnya mengingat permintaan pasar akan jenis spesies hewan ini semakin tinggi, belum lagi ditambah lagi banyak masyarakat yang menderita berbagai penyakit kardiovaskuler dan lainnya, sehingga kebutuhan semut jepang akan semakin tinggi.

Untuk memulai usaha budidaya semut jepang ini, langkah pertama adalah menyiapkan modal awal, melakukan observasi/kunjungan di daerah-daerah atau peternak yang membudidaya semut jepang ini dalam skala besar. Jika Anda niat dari awal dengan serius, maka selanjutnya modal awal Anda tersebut dapat dibelanjakan untuk keperluan persiapan sarana dan prasarana dalam pembudidayaan hewan semut jepang ini.

Demikian informasi tentang: Tata Cara Berternak dan Budidaya Semut Jepang Menggunakan Toples Agar Menguntungkan”. Semoga apa yang telah dijelaskan pada bagian di atas dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua dalam memulai usaha atau bisnis semut jepang di lingkungan tempat Anda tinggal. Sebab, teknik budidaya yang mudah, praktis dapat memberikan hasil yang cukup optimal jika ditekuni dengan baik. (Penulis: Nita Nurul Umma, XII IPA, Siswi SMA Yadika Natar, Lampung Selatan).

Artikel Terpopuler

Cara Berternak SEMUT JEPANG Menggunakan Toples Agar Menguntungkan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar